Kontroversi Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand, Raja Terkaya yang Suka Kawin

- Selasa, 1 Desember 2020 | 18:29 WIB
Raja Maha Vajiralongkorn. (REUTERS/Chalinee Thirasupa).
Raja Maha Vajiralongkorn. (REUTERS/Chalinee Thirasupa).

Pecahnya aksi unjuk rasa di Thailand sudah mulai berlangsung sejak pertengahan tahun lalu hingga saat ini. Salah satu pemicu dari aksi berbulan-bulan tersebut tak lain dan tak bukan datang dari pemimpin Negeri Gajah Putih tersebut, yaitu Raja Maha Vajiralongkorn.

Sosoknya dan caranya memerintah, membuat rakyat berang dan menuntut sang raja. Salah satunya ingin mengganti hukum lese majeste, yang melarang bentuk penghinaan atau kritik apapun terhadap raja.

Kendati didemo seperti itu, sang raja seolah bergeming. Sosok yang disebut sebagai raja terkaya di dunia itu memang seolah santai.

Hal itulah yang kemudian menambah daftar kontroversi dari sang raja. Melansir Insider, sang raja memiliki beberapa deretan kontroversi yang membuat siapa pun geleng-geleng. 

1. Keliaran di Munich menggunakan celana pendek dan kaos tanpa lengan yang menunjukkan tatonya. 

Saat Maha Vajiralongkorn masih menjadi putra mahkota, ia sempat jalan-jalan di pusat perbelanjaan kota Munich, Jerman dengan dandanan yang tak terlihat seperti seorang raja.

 Ia memakai pakaian terbuka dan celana jeans dengan memperlihatkan banyak tato di tubuh dan lengannya, bahkan saat itu ditemani seorang wanita yang diperkirakan asistennya. 

Baik penampilan maupun gesturnya dianggap tidak mewakili sosok anggota kerajaan. Video itu membuat banyak orang di Thailand cemas akan prospek Maha Vajiralongkorn jika beranjak naik tahta menjadi raja. 

2. Menikahi Jenderal Suthida pengawalnya sendiri, tiga hari sebelum dinobatkan sebagai raja.

-
Raja dan Ratu Thailand. (REUTERS/Chalinee Thirasupa)

Hubungan kisah cintanya sangat rumit. Bahkan pihak kerajaan pun tak mengetahui rencana tersebut. 

Pernikahannya dengan jenderal Suthida yang ternyata kekasih lamanya tersebut merupakan pernikahannya yang keempat.  Suthida menandatangani dokumen pernikahan di dalam Ampornsathan Throne Hall, Bangkok tiga hari sebelum dinobatkan sebagai raja.

Baca Juga: Deretan Kontroversi Selir Raja Thailand Sineenat, Pernah Dipenjara Sampai Foto Syur

3. Don Juan, suka kawin cerai, serta punya banyak istri dan selir. 

Vajiralongkorn disebut dengan Don Juan, sosok yang tak cukup dengan satu wanita. Ia disebut sebagai sosok yang suka kawin cerai.  

Menurut ibunya juga, Vajiralongkorn lebih suka menghabiskan akhir pekan ditemani para wanita cantik dibandingkan menjalankan tugas formal kerajaan. 

4. Foto syur dari Sineenat Wongvajirapakdi sebagai selirnya bocor di wartawan. 

-
Sineenat Koi Wongvajirapakdi (Instagram/@chaokhunphra_sineenat_fc).

Selir sang raja bernama Sineenat Wongvajirapakdi baru-baru ini menjadi buah bibri lantaran tersebarnya foto yang berbau seksual. Sebagian besar adalah swafoto yang eksplisit secara seksual yang mungkin telah dikirimkan ke raja. 

Sang jurnalis menduga pihak pengirim adalah seorang yang peretas. Ia juga menyebut di Twitter, tengah ada upaya perebutan kekuasaan dalam keluarga kerajaan dengan indikasi sabotase. 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X