CEO Indozone: Your Voice Matters Ciptakan Anak Muda Berani Speak Up dan Bertanggung Jawab

- Rabu, 28 September 2022 | 16:09 WIB
Dari kanan ke kiri: CEO Indozone Riel Tasmaya, Inspektur Nguyen, Kevin Geraldi, Gen Z, Rian Fahardhi (Indozone)
Dari kanan ke kiri: CEO Indozone Riel Tasmaya, Inspektur Nguyen, Kevin Geraldi, Gen Z, Rian Fahardhi (Indozone)

Event Indozone bertajuk Your Voice Matters kembali digelar yang kedua kali. Kali ini digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, Rabu (8/9/2022).

Berlangsung di Dome UMM, banyak pembicara hebat yang speak up dengan metode yang tidak biasa alias dikemas dengan lebih modern termasuk mengangkat kearifan lokal.

Dalam kesempatan diskusi dengan Presiden Gen Z, Rian Fahardhi dan Inspektur Nguyen, Kevin Geraldi, CEO Indozone Riel Tasmaya mengatakan, fundamental utama dari kegiatan Your Voice Matters dengan taglinenya speak up, adalah mengajak anak muda bercerita tentang hal yang positif.

"Indonesia tuh butuh narator, butuh storytelling yang lebih banyak lagi. Jadi kebanyakan dari kita itu heboh sendiri, seneng sendiri, tepuk tangan sendiri," kata Riel Tasmaya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur, Rabu (28/9/2022).

"Sedangkan kita ngakunya narator yang bisa secara terstruktur, konstruktif bercerita tentang apa yang positif. Misalnya ambilah dari Kota Malang, banyak itu yang bisa kita ambil, yang positif-positif. Nah itu, itu harus ada istilahnya advokat-advokat industri tiap kota. Itu yang dibutuhkan narator-narator ini," lanjutnya.

-
Event Indozone bertajuk Your Voice Matters (Indozone)

BACA JUGA: Dear Najwa Shihab... Anak Mahasiswa Pengin Mbak Jadi Pembicara di Your Voice Matters Nih!

Namun, Riel mengingatkan untuk generasi muda dalam bersuara agar selalu bertanggungjawab.

"Nah, acara ini sebenarnya kita membuat, menciptakan narator-narator yang lebih banyak, makanya kita speak up, tapi speaknya itu bertanggung jawab," tegas Riel.

BACA JUGA: Komika Arif Brata Sampai Bawa Power Point Demi Speak Up di Your Voice Matters, Apa Isinya?

Mahasiswa Harus Punya Wawasan Biar Gak Asal Ngebacot!

Dalam kesempatan itu, Riel Tasmaya mengatakan saat ini sudah banyak orang yang mulai sadar dengan konsekwensi saat berani bersuara. Karena berani bersuara saat ini harus secara konstruktif dan positif.

"Sebenarnya semakin kesini, semakin banyak peristiwa yang bersuara tidak bertanggung jawab atau hoaks, akhirnya mereka juga kena konsekwensinya," kata Riel.

Lebih lanjut, Riel mengatakan platform dasar dari mahasiswa atau anak muda zaman sekarang itu harus memiliki pendidikan dan wawasan.

"Jadi pada saat mereka punya pendidikan dan wawasan, setidaknya mereka itu punya nalar untuk memverifikasi, atau nalar untuk membuat suara itu menjadi konstruktif. Tapi kalau enggak ada wawasan akhirnya ya lo ngebacot kemana aja," jelas Riel.

Oleh sebab itu, anak muda dinilai harus memiliki filter atau saringan dalam bersuara. Namun, kemampuan memfilter tersebut dinilai Riel tergantung dari orang masing-masing.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X