Erick Thohir Sebut Etanol Ternyata Bisa Hasilkan Bensin RON Kualitas Tinggi

- Minggu, 11 September 2022 | 21:59 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. Kementerian BUMN)

Pemerintah berencana menjadikan etanol sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mengatakan etanol mampu menghasilkan Research Octane Number (RON) 139. Sehingga, kata Erick, pemerintah kini tengah berencana menjadikan etanol sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dengan energi baru yang bersumber dari etanol, maka bahan bakar yang digunakan berkualitas baik. Proses produksi energi baru sekaligus menjadi upaya pemerintah melakukan substitusi impor BBM.

"Karena etanol itu menghasilkan RON 139 mencapai campuran yang baik untuk kebutuhan BBM kita, sehingga BBM yang digunakan tentu dengan kualitas tinggi," ungkap Erick saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, baru-baru ini.

-
Erick Thohir Sebut Etanol Ternyata Bisa Hasilkan Bensin RON Kualitas Tinggi (Istimewa)

BACA JUGA: Keluarga Farel Prayoga Berterima Kasih kepada Erick Thohir

Upaya tersebut masuk dalam program Biodiesel 40 (B40) yang dicanangkan pemerintah. Program ini dijalankan oleh Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III, melalui anak usahanya yang bergerak di sektor gula.

Erick mencatat PTPN III telah menyiapkan lahan tebu seluas 7.000 hektare. Sebagian lahan ini akan digunakan untuk memproduksi etanol. Penggunaan lahan ini pun nantinya diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres). 

"Kenapa tadi PTPN dari 13 menjadi 4 (pemangkasan), salah satunya PTPN Gula itu ditargetkan membuka 700.000 hektare dengan catatan per perpres yg akan keluar sebagiannya untuk etanol," tutur dia.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut proses memproduksi energi baru masuk dalam tahap penelitian. Hanya saja dia tidak menjelaskan lebih jauh perihal penelitian yang dimaksud. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X