Top! Ridwan Kamil Tempati Posisi Teratas Cawapres 2024 dalam Survei Charta Politika

- Kamis, 22 Desember 2022 | 22:02 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Lembaga survei Charta Politika melakukan survei terhadap elektabilitas nama-nama, yang bisa jadi calon wakil presiden (cawapres) dalam pilpres 2024, pada periode 8 hingga 16 Desember 2022 melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.  Berdasarkan hasil survei itu, Ridwan Kamil ada di posisi teratas.

Sekadar informasi, jumlah sampel dalam survey ini sebanyak 1220 responden yang ada di 34 provinsi. Survei ini dilakukan dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling). Sementara itu, margin of error dengan ukuran sampel tersebut sebesar 2,82 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ridwan Kamil menempati posisi teratas dengan 21,4 persen. Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu dibuntuti oleh Sandiaga Uno (17,6 persen) dan Agus Harimurti Yudhoyono (10,3 persen).

-
Hasil survei elektabilitas cawapres (Dok. Charta Politika)

Baca Juga: Ada Masalah di Perbatasan, Ridwan Kamil Temui Heru Budi di Balai Kota DKI

Erick Thohir (8,4 persen) dan Khofifah Indar Parawansa (6,1 persen) menyusul setelah tiga nama tersebut. Sementara itu, 13 nama lainnya mendapatkan kurang dari lima persen.

“Untuk wakil presiden, hampir mirip dengan data kemarin. Kita menempatkan Ridwan Kamil di peringkat pertama mulai menjauhi sandiaga Uno di angka 21,4 persen, nomor dua Mas Sandiaga di angka 17,6 persen, AHY di angka 10,3 persen, dan Mas Erick Thohir ada di 8,4 persen, kelima ada Khofifah 6,1 persen,” kata Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya, Kamis (22/12/2022).

Nama Ridwan Kamil di posisi teratas, menunjukkan kepercayaan publik kepada Gubernur Jabar tersebut. Kepercayaan itu juga membuktikan, orang-orang memberi nilai bagus atas kinerja Ridwan Kamil selama ini.

-
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Diperebutkan Golkar dan PAN untuk Jadi Kader, Ridwan Kamil Buka Suara

Kehadiran sosok cawapres yang dipercayai publik, bisa mempengaruhi hasil akhir pilpres 2024. Oleh sebab itu, tidak mengejutkan jika hingga saat ini belum ada pasangan capres (calon presiden)-cawapres yang diumumkan secara terbuka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X