Ironi! Habiskan Anggaran Rp48 Juta, Ribuan Pohon di Depok Diberi Barcode, Apa Gunanya?

- Senin, 19 Desember 2022 | 10:29 WIB
Ribuan pohon di Depok diberi barcode. (Z Creators/Vivi Sanusi)
Ribuan pohon di Depok diberi barcode. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Pada akhir November 2022 lalu, sekitar 1.500 pohon di Jalan Margonda Raya dan Jalan Ir. H. Juanda, Depok, Jawa Barat, diberi barcode. Pemasangan barcode pada pohon di berbagai jalan protokol ini ternyata ada tujuannya. 

Tujuan tersebut antara lain memberikan informasi dan edukasi kepada warga berupa nama pohon, nama ilmiah, umur maksimal pohon, daya serap CO2, tinggi maksimal, kode pendataan, dan lokasi pohon.

-
Pohon dibarcode di Depok. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Pemasangan barcode menggunakan tali yang terbuat dari akrilik sehingga enggak mengganggu pertumbuhan pohon. Biaya pemasangan barcode menghabiskan Rp48 juta. Sontak kebijakan tersebut menuai pro dan kontra. 

Pemasangannya dinilai enggak efektif karena pemasangan barcode berada di jalur yang jarang dilintasi pejalan kaki. Sehingga, edukasi kepada masyarakat enggak tepat sasaran.

-
Pohon di depok diberi barcode. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Meskipun demikian, salah satu warga Depok bernama Fajar yang melintas di wilayah Jalan Ir. H. Juanda, melihat sisi positif dari pemasangan barcode tersebut.

"Pemkot berusaha berinovasi untuk mengidentifikasi berbagai pohon di jalan protokol ini dan semoga lingkungan di Depok lebih baik," ujarnya.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X