Dear Menteri Basuki, Belasan Tahun Warga Desa di Ogan Ilir Dambakan Jalan Mulus

- Senin, 6 Februari 2023 | 09:47 WIB
Jalanan di Ogan Ilir, parah saat musim hujan (Z Creators/Adiwinata)
Jalanan di Ogan Ilir, parah saat musim hujan (Z Creators/Adiwinata)

Di usia Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang kini menginjak 19 tahun, masih ada daerah yang belum merasakan kenyamanan berlalu lintas. Hal ini yang dirasakan warga sejumlah desa di wilayah kabupaten berjuluk Caram Seguguk.

-
Jalan rusak sering menimbulkan masalah (Z Creators/Adiwinata)

Warga Desa Kuang Dalam, Kecamatan Rambang Kuang, misalnya. Silih berganti kepemimpinan di daerah tersebut, jalan utama menuju desa ini masih belum juga mulus. 75 persen jalanannya masih berupa tanah, belum beraspal. Tentu saja, jalanan akan berlumpur saat musim hujan. 

"Jalan menuju desa kami yang membentang lebih kurang 9 kilometer dari Desa Tambangan Rambang menuju Kuang Dalam, kondisi hampir 75 persen rusak parah. Kini 19 tahun Ogan Ilir berdiri, kondisi masih sama yakni masih jalan tanah. Alhasil kalau hujan berlumpur kalau kemarau berdebu." Ungkap Sakrawi, warga setempat kepada Z Creator Adiwinata. 

-
Jalanan belum beraspal, warga mengeluh kesusahan (Z Creators/Adiwinata)

Kondisi jalan yang belum beraspal menyulitkan warga untuk beraktivitas keluar dan masuk desa. Imbasnya, pendapatan rumah tangga sejumlah warga jadi menurun, karena membutuhkan ongkos lebih kalau melewati jalur tersebut.

Baca Juga: Miris! Besi di Area Refleksi Lapangan Andi Makkasau Rusak dan Hilang, Digondol Maling?

-
Warga membuat jalur seadanya (Z Creators/Adiwinata)

Sakrawi dan sejumlah warga lain berharap di kepemimpinan Bupati Ogan Ilir saat ini yakni Panca Wijaya Akbar, jalanan yang masih berupa tanah bisa diubah.

"Harapannya demikian, syukur - syukur diaspal, agar rasa nyaman berlalu lintas yang selama ini masih mimpi, terwujud nyata dan dapat segera kami nikmati." Pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X