Cara Unik Erick Thohir Promosikan Program BUMN

- Rabu, 15 Juni 2022 | 14:40 WIB
Denny Caknan berkolaborasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir dalam video klip berjudul Satru 2.* (Instagram/@erickthohir)
Denny Caknan berkolaborasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir dalam video klip berjudul Satru 2.* (Instagram/@erickthohir)

Menteri BUMN Erick Thohir menggunakan cara yang terbilang unik ketika mempromosikan salah satu program BUMN yang diperuntukkan kepada kelompok petani yaitu dengan memasukan adegan program Makmur dalam sebuah video klip lagu.

Setelah gelaran Now Playing Fest 2022 di Cimahi usia, Erick Thohir tiba-tiba memberikan hadiah berupa sepeda listrik kepada Denny Caknan, motifnya ternyata di lagu ‘Satru 2’ milik Denny Caknan lah Program Makmur itu diselipkan. 

Denny Caknan penyanyi asal Ngawi yang terkenal berkat lagu-lagu berbahasa Jawa yang kini memiliki banyak penggemar. Sejak diluncurkan empat bulan lalu, video klip ‘Satru 2’ sudah ditonton sebanyak 23 juta views. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah video klip lagu.

Dalam video tersebut Erick Thohir tidak bernyanyi, ia hanya tampil di salah satu cuplikan dengan latar pemandangan sawah yang terhampar hijau.

Di adegan yang menampilkan Erick memperlihatkan sederet orang yang mengenakan topi caping dengan kaos berwarna putih. Di bagian dada kaos itu terlihat tulisan Makmur yang merujuk pada program Makmur yang diusung oleh Pupuk Indonesia.

Menteri Erick memberikan sebuah pesan di dalam video klip itu. Secara singkat ia menyebut fokus terhadap kerja untuk menghidupi dan memakmurkan.

“Fokus untuk kerja untuk menghidupi dan memakmurkan keluarga dan orang yang dicintai,” pesan Erick.

Adapun Program Makmur adalah upaya Kementerian BUMN untuk meningkatkan taraf hidup petani sekaligus memperkuat ketahanan pangan dalam negeri.

Dari program Makmur, petani mendapatkan bantuan permodalan, pemberian pupuk, pembibitan hingga asuransi jika suatu saat tanaman petani itu gagal panen.

“Sudah seyogyanya kehidupan para petani kita pastikan jadi jauh lebih baik. Untuk itu, kita coba ingin menawarkan mereka agar masuk program Makmur, yang Insya Allah program Makmur setelah enam bulan ini sudah terlihat hasilnya," kata Erick dalam satu kesempatan kunjungannya ke daerah Jawa Timur yang menjadi lumbung pangan nasional.

Kementerian BUMN menginisiasi program Makmur untuk mendukung ketahanan pangan nasional melalui sistem pangan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Selain itu, Chief BUMN itu juga membentuk holding pangan ID FOOD.

Dengan adanya holding ID FOOD, ekosistem yang terintegrasi memberikan layanan budidaya lengkap yang dan melibatkan berbagai stakeholder.

Total program Makmur telah mencakup 200 ribu hektar lahan pertanian yang tersebar di 26 provinsi, dengan mengutamakan empat komoditas unggulan yaitu padi, jagung, gula, kelapa sawit, sementara untuk produk kopi total ada 6200 hektare lahan yang akan digarap dengan menggandeng pihak swasta.

Melihat mulai banyaknya petani yang bergabung dengan program Makmur tidak menutup kemungkinan Sebagian besar dari mereka telah menonton video klip ‘Satru 2’ di Youtube.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X