Selain Sri Mulyani, PKB Incar Anies hingga Erick Thohir untuk Jadi Cawapres Cak Imin

- Senin, 13 Juni 2022 | 16:17 WIB
Muhaimin Iskandar. (Dok. PKB) dan Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Muhaimin Iskandar. (Dok. PKB) dan Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bulat mengusung ketua umumnya, Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Lalu siapa saja nama-nama yang bakal dibidik menjadi Cawapres?

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid membeberkan beberapa nama tokoh yang masuk dalam radar PKB untuk diusung sebagai cawapres guna mendampingi ketumnya. 

Beberapa nama yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri yang juga mantan Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Ya, tentu kita mendapatkan masukan dari masyarakat, kita lihat rekam jejak juga karena kita sudah memastikan Gus Muhaimin capres, tentu saatnya kita mencari cawapres. Dari usulan nama yang masuk ada Pak Anies, Bu Sri Mulyani, Pak Tito Karnavian, Pak Andika, Pak Erick, juga Pak Sandi. Mereka semua ini saya rasa memiliki rekam jejak dan pengalaman yang mumpuni untuk menjadi cawapres," ujar Jazilul kepada wartawan, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Menang Tanding Tinju, El Rumi Sempat Sakit hingga Disebut Pukulannya Bak Anak SMA

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan, nama-nama yang masuk dalam radar cawapres Muhaimin tersebut akan ditawarkan kepada parpol lainnya yang nantinya akan diajak koalisi dengan PKB untuk menjadi pasangan calon. 

“Tentunya kalau kita berkoalisi, kita mengusung pasangan calon, kan harus kita pilih yang memiliki kans memenangkan Pilpres. Nama-nama tersebut kami yakin bisa dahsyat jika berpasangan dengan Gus Muhaimin yang juga punya basis elektoral kuat, utamanya di kalangan pesantren dan warga nahdliyin," imbuhnya.

Sri Mulyani Disebut Cak Imin

Ia mengakui bahwa di antara nama-nama yang muncul, nama Sri Mulyani bahkan sudah disebut langsung oleh Ketum Muhaimin. Meski begitu, nama tokoh lain seperti Anies Baswedan, Tito Karnavian, Andika Perkasa, Erick Thohir dan Sandiaga Uno juga sangat berpeluang untuk diusung. 

“Ya semua nanti akan kita bicarakan dengan parpol koalisi mana yang dianggap terbaik. Ya kita akan bawa nama-nama tersebut untuk kita pasarkan, kita tawarkan ke parpol koalisi," jelasnya

Jazilul menuturkan bahwa saat ini proses penjajakan koalisi terus dilakukan. Selain dengan PKS, penjakakan juga dilakukan dengan sejumlah parpol lain seperti Partai Demokrat, Partai Gerindra dan lainnya. 

"Dengan Pak Arsul, PPP, saya juga kantornya satu lantai, sering komunikasi. Pak Muzani, Gerindra juga, Pak Syarif Hasan, Demokrat juga sama. Intinya kita terus berkomunikasi. Ini masih sangat cair. Yang penting bagaimana koalisi yang dibangun nanti bisa menang dan ada tujuan bersama untuk kepentingan masyarakat, itu kuncinya," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X