Bareskrim Polri Periksa 40 Orang Terkait Korupsi Pengadaan Gerobak UMKM Kemendag

- Selasa, 14 Juni 2022 | 20:47 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri hingga saat ini masih terus menyelidiki kasus korupsi pengadaan bantuan gerobak untuk UMKM. Dalam penyidikan tersebut, sebanyak 40 saksi sudah diperiksa oleh polisi.

Hal tersebut disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

"Saat ini telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 40 pemeriksaan sebagai saksi yang sudah dimintai keterangan terkait pengadaan gerobak dagang tahun anggaran 2018 dan 2019 pada Kementerian Perdagangan," kata Ramadhan.

Baca Juga: Heboh Tol Becakayu Bekasi Ambruk, Simak Faktanya

Ramadhan sendiri belum membongkar identitas puluhan saksi yang sudah diperiksa oleh pihaknya. Namun, dia menyebut pemeriksaan berkaitan dengan proyek pengadaan gerobak tersebut.

"40 saksi yang sudah dimintai keterangan ini, ini blm begitu jelas, tapi terkait pengadaan proyek ya. Nanti kita tanyakan lagi," beber Ramadhan.

Mengenai sosok tersangka dalam kasus ini, Bareskrim sendiri belum menetapkan tersangka. Penyidik Bareskrim disebut Ramadhan saat ini masih melengkapi bukti-bukti untuk penetapan status tersangka.

"Penyidik masih melengkapi bukti-bukti tentunya nanti akan mengarah kepada siapa tersangka," kata Ramadhan.

Sekadar informasi, Bareskrim Polri saat ini tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi dalam pengadaan bantuan gerobak untuk UMKM dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Proyek tersebut berlangsung pada anggaran tahun 2018-2019.

Dalam pelaksanaanya, terjadi mark up anggaran hingga nilai anggaran mecapai Rp76 miliar. Mark up ini disertai dengan penerima gerobak fiktif dan spek gerobak yang berkurang.

Bareskrim sendiri sudah mengendus mengenai aliran dana tersebut. Aliran dana ini disinyalir mengalir ke sejumlah orang yang hingga saat ini masih didalami oleh Bareskrim.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X