Tapanuli Utara Diguncang Gempa 69 Kali, 1 Orang Meninggal 9 Dilarikan ke Rumah Sakit

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:34 WIB
Dampak gempa di Tapanuli Utara (Z Creators/Yudi Manar)
Dampak gempa di Tapanuli Utara (Z Creators/Yudi Manar)

Bencana alam gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu dini hari (1/10/2022) sekitar pukul 02.28.41 WIB.

Data dari BMKG, akibat bencana itu sedikitnya 1 orang meninggal dunia dan 9 lainnya mengalami luka berat di. Selain itu juga puluhan rumah mengalami rusak berat.

-
Warga luka-luka akibat gempa bumi (Z Creators/Yudi Manar)

Menurut Plt Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8.

"Episenter gempa bumi berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," kata Daryono melalui keterangan yang resmi diterima Tim Z Creators, Yudi Manar.

-
Warga terluka akibat gempa bumi (Z Creators/Yudi Manar)

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Daryono, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra segmen Renun. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser strike-slip," ucapnya.

Sementara itu, petugas Staff Operasional PGR 1 On Duty Wilayah Sumatera Utara Triya Fachriyeni saat dikonfirmasi, hingga pukul 10.41 WIB sudah terjadi 69 kali gempa susulan di wilayah itu.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X