Dewas KPK Tak Permasalahkan Firli Bahuri Temui Lukas Enembe di Papua: Dalam Rangka Tugas

- Senin, 24 Oktober 2022 | 13:54 WIB
Logo KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Logo KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mempermasalahkan soal rencana Ketua KPK Firli Bahuri yang akan menemui Gubernur Papua Lukas Enembe di kediaman Lukas di Papua.

Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengatakan, pertemuan Firli Bahuri dengan pihak yang berperkara tidak dilarang selama tujuannya menjalankan tugas.

"Kalau dalam rangka pelaksanaan tugas tidak dilarang," kata Albertina Ho saat dikonfirmasi, Senin (24/10/2022).

Baca Juga: KPK Sebut Ada Tersangka Lain di Kasus Dugaan Korupsi Lukas Enembe

Lebih lanjut, Albertina mengungkapkan, Firli Bahuri juga tidak perlu meminta izin kepada Dewas KPK untuk bertemu Lukas Enembe. Sebab, kepergian Firli ke Papua dalam rangka menjalankan tugas.

“Kalo tidak dilarang kan tidak perlu izin, yang penting dalam rangka pelaksanaan tugas,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, lembaga antirasuah telah berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memeriksa kondisi Lukas Enembe.

“Untuk penegakan hukum itu, kesehatan itu harus diperiksa oleh tim dokter yang independent. Kita sudah berkoordinasi dengan IDI,” kata Alex, Minggu (16/10/2022).

Baca Juga: KPK: Anak-Istri Lukas Enembe Bisa Tolak Jadi Saksi, Asalkan…

Sebab, Alex menegaskan, pihaknya tak bisa serta-merta menerima hasil pemeriksaan dokter Singapura yang mengecek kondisi kesehatan Lukas. 

Dalam waktu dekat, lanjut Alex, KPK bakal mengirim dokter dari IDI ke Papua untuk mendapatkan second opinion atas kondisi kesehatan Lukas Enembe.

“Mungkin dalam beberapa waktu ke depan kita akan mengirim tim kesehatan dari IDI untuk memeriksa yang bersangkutan sebagai second opinion. Jadi, kita tidak serta-merta menerima dokter dari Singapura itu,” pungkas Alex.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X