Pesawat SAM Air yang Sempat Hilang Kontak Dipastikan Jatuh di Papua, Kondisinya Hancur

- Jumat, 23 Juni 2023 | 17:45 WIB
Pesawat SAM Air jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW jatuh di Papua. (Dokumentasi Polda Papua).
Pesawat SAM Air jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW jatuh di Papua. (Dokumentasi Polda Papua).

Insiden kecelakaan pesawat dialami oleh pesawat milik maskapai PT. Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air), jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW di Papua. Sempat hilang kontak, pesawat tersebut kini dipastikan terjatuh.

"Benar kejadian tersebut," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (23/6/2023).

-
Pesawat SAM Air jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW jatuh di Papua. (Dokumentasi Polda Papua).

Baca juga: Pecah Ban, Pesawat SAM Air Tergelincir hingga Keluar Runway di Bandara Pattimura Ambon

Pesawat tersebut diketahui mengangkut empat orang penumpang. Pesawat itu awalnya take off dari Bandara Elilem Papua, namun sempat hilang kontak.

"Pukul 11.10 WIT, pesawat SAM Air take off di Bandara Elelim, namun hingga sampai sampai pukul 12.20 WIT, pesawat belum juga mendarat di Distrik Poik," beber Benny.

-
Helikopter yang diterjunkan untuk pencarian pesawat SAM Air jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW jatuh di Papua. (Dokumentasi Polda Papua).

Tim kemudian bergerak melakukan pencarian menggunakan helikopter. Dari hasil pencarian, ditemukan puing-puing pesawat dan dipastikan pesawat sudah dalam keadaan hancur.

Baca juga: Viral Pintu Asiana Airline Dibuka saat Terbang, Penumpang: Kirain Pesawat Mau Meledak

"Pesawat jatuh 12 Km dari arah Bandar Udara Elelim menuju Poik Distrik Welarek Kabupaten Yalimo dan saat ini Kapolres Yalimo telah melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk upaya evakuasi pesawat SAM Air yang jatuh tersebut," kata Benny.

Saat ini, proses evakuasi tengah diupayakan oleh tim SAR. Polisi sendiri belum memastikan kondisi dari keempat penumpang pesawat tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X