Bersihkan Lumpur Sisa Banjir, Warga Rawajati Bentuk 'Rantai Manusia'

- Minggu, 5 Januari 2020 | 12:54 WIB
ANTARA/Genta Tenri Mawangi
ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Untuk membersihkan lumpur dan sampah sisa banjir, warga RT 05/RW 07 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta, beserta relawan membentuk formasi "rantai manusia" pada Minggu (05/01).

Kerja bakti warga ini mengular sepanjang kurang lebih 500 meter, dari titik dekat bantaran Kali Ciliwung menanjak sampai dekat jalan raya.

Formasi itu dibentuk agar lumpur yang diserok dari permukiman warga mudah diangkut ke atas. Karena truk tidak bisa turun ke bawah sebab jalan masih licin dan berlumpur.

-
Warga membersihkan endapan lumpur sisa banjir di Rawajati, Jakarta/ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Selain warga dan relawan, sejumlah mahasiswa juga turut membantu kerja bakti membersihkan lumpur sisa banjir.

"Saya datang ke sini inisiatif pribadi mengikuti instruksi Pak Gubernur (Anies Baswedan) untuk ikut kerja bakti. Sebenarnya lebih didorong rasa kasihan juga terhadap warga yang kesusahan membersihkan lumpur dan sampah yang menggunung," kata Giska, 18, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Menurut Giska dan belasan teman mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, membantu warga membersihkan lumpur adalah wujud solidaritas terhadap para korban.

Kerja bakti yang diperkirakan diikuti sekitar 700-800 orang ini, dimulai pukul 06.00 WIB dan dipimpin oleh Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji.

"Walaupun masih musim penghujan kita tetap melakukan pembersihan di wilayah terdampak banjir. Banyak lumpur dan sampah dan hari ini kita berupaya melakukan pengangkatan material itu," kata Isnawa.

Selang beberapa jam kegiatan, Wali Wota Jakarta Selatan, Marullah Matali juga datang untuk kerja bakti dan memeriksa kerusakan rumah korban banjir di Rawajati.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X