Antisipasi Kondisi Darurat, Penerbangan NTT Tetap Beroperasi seperti Biasa

- Sabtu, 25 April 2020 | 09:49 WIB
Ilustrasi: Penerbangan udara di NTT tetap melayani penerbangan ke sejumlah daerah seperti ke Bandara Udara Soa, Kabupaten Ngada. (Antara/ Benny Jahang)
Ilustrasi: Penerbangan udara di NTT tetap melayani penerbangan ke sejumlah daerah seperti ke Bandara Udara Soa, Kabupaten Ngada. (Antara/ Benny Jahang)

Setelah diberlakukannya keputusan Kementerian Perhubungan terkait pelarangan penerbangan di wilayah PSBB yang terdampak Covid-19, pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tetap memberlakukan rute penerbangan khusus di wilayah kepulauan NTT saja.

Koordinator Bidang Area dan Transportasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, Isyak Nuka mengatakan,

"Terdapat beberapa protokol yang harus dijalani pihak maskapai untuk tetap melayani masyarakat NTT. Perizinan puntuk tetap beroperasi hanya dilakukan untuk masyarakat di dalam wilayah NTT saja. Ini dilakukan guna menaati kebijakan phisical distancing yang diberlakukan pemerintah," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (25/4/2020).

Bahkan, pemerintah NTT telah mengumumkan operasional penerbangan ini tidak berlaku pada wilayah terdekat seperti Jawa, Bali, Makasar dan NTB. Hanya boleh maskapai lokal saja yang boleh beroperasi seperti biasa di wilayah NTT.

Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian luar biasa di luar kuasa. Misalnya pengantaran alat kesehatan guna menunjang kebutuhan tim medis mulai dari APD, obat-obatan sampai kondisi pasien darurat. Pertimbangan inilah yang akhirnya dilakukan. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X