Rangkul Partai Lawan, Ini Tujuan Jokowi

- Selasa, 15 Oktober 2019 | 17:35 WIB
Presiden Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)
Presiden Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)

Seminggu terakhir jelang pelantikan presiden, Joko Widodo (Jokowi) mengundang beberapa ketua umum partai di koalisi lawan ke istana. Mereka membicarakan kemungkinan untuk bergabung bersama koalisi pemerintah.

Komunikasi politik yang dijalankan Jokowi untuk merangkul beberapa partai di luar pemerintahan mempunyai tujuan tertentu. Salah satunya untuk mensiasati stabilitas koalisi pemerintahan selama 5 tahun kedepan.

"Artinya ditengah jalan, 2 tahun atau 4 tahun kedepan, ada diantara anggota koalisi lama yang keluar. Katakanlah 1 atau 2 partai keluar, maka komposisi jumlah koalisi pendukung akan tetap tinggi," ucap Analis Komunikasi Politik UGM, Nyarwi Ahmad (15/10) saat dihubungi.

Strategi ini memaksimalkan kinerja pemerintah memenuhi janji yang disampaikan dalam kampanye pilpres kemarin. Nyarwi juga mengatakan upaya ini dilakukan agar parpol di koalisi tetap loyal padanya.

"Ini juga untuk mengunci partai atau koalisi lama agar tetap loyal pada Jokowi, dan seandainya mereka keluar, formasi pendukung tetap kuat," tegasnya. (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X