Terungkap, Sosok Ini yang Bakal Duduki Posisi Kapolri

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 11:46 WIB
Komjen Pol Idham Azis ditunjuk sebagai Kapolri pengganti Tito Karnavian. (Antara/Reno Esnir)
Komjen Pol Idham Azis ditunjuk sebagai Kapolri pengganti Tito Karnavian. (Antara/Reno Esnir)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menentukan siapa yang akan menggantikan posisi dari Jenderal Pol Tito Karnavian sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Jokowi mengatakan, posisi Kapolri akan diisi Komisaris Jenderal Pol Idham Azis yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri. Nama Idham, kata Jokowi, sudah diusulkan ke DPR.

"Pengganti Kapolri sudah kami sudah sampaikan ke DPR hari ini. Bapak Idham Azis, Kabareskrim," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10). 

Idham merupakan Jenderal bintang tiga yang menjabat Kabareskrim sejak Januari 2019. Dia sudah malang melintang di tubuh Polri.

Pria kelahiran 30 Januari 1963 ini merupakan lulusan Akpol tahun 1988 yang juga dikenal ahli dalam bidang anti-terorisme. 

Salah satu kasus besar yang dia tangani adalah melumpuhkan Dr. Azahari di Batu, Jawa Timur. Saat itu, dia melakukan penangkapan bersama Tito Karnavian. 

Idham juga pernah menjabat posisi penting, seperti Kapolda Sulawesi Tengah dan Kapolda Metro Jaya. 

Saat ini, posisi Kapolri diisi oleh Komisaris Jenderal Ari Dono Sukamto yang berstatus sebagai pelaksana tugas (Plt) hingga Idham Azis dilantik sebagai pimpinan Mabes Polri yang baru.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X