Klaim Pemerintah Indonesia Surga Startup

- Kamis, 20 Juni 2019 | 08:42 WIB
Ilustrasi layanan Internet (Foto: Telkomsel)
Ilustrasi layanan Internet (Foto: Telkomsel)

Ekonomi digital Indonesia terus menunjukan trand positif. Salah satunya didorong tingkat pertumbuhan startup di Indonesia diklaim pemerintah sangat pesat, bahkan lebih tinggi dari negara-negara maju di dunia. 

Pemerintah memaparkan, dari Program 1000 Startup digital, sudah terdapat 525 startup digital yang sudah bisa difasilitasi. Sedangkan, berdasarkan laporan Badan Ekonomi Kreatif sendiri pada akhir tahun 2018 terdapat 992 startup digital. Dan menurut laporan  startupranking.com, hingga kuartal pertama 2019, di Indonesia terdapat 2.111 start up digital. 

Dengan data situs tersebut, menempatkan Indonesia dalam posisi ke lima negara dengan jumlah startup digital terbesar, setelah Amerika Serikat, India, Inggris, dan Kanada.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku, pertumbuhan yang begitu pesat diklaim dilatari upaya kolaborasi pemerintah, masyarakat dan startup digital.

Ia menegaskan, Pemerintah memberikan ruang kepada startup-startup baru di Indonesia. Terutama, startup hasil karya anak negeri.  

"Kondisi itu menggembirakan, sekaligus makin melecut pemerintah sebagai fasilitator dan akselerator digitalisasi untuk terus mengembangkan ekosistem yang mendukungnya," ujarnya. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X