Warga Ramai Ke Lokasi Samsat Keliling di Akhir Pekan

- Minggu, 28 Juli 2019 | 12:05 WIB
twitter.com/TMCPoldaMetro
twitter.com/TMCPoldaMetro

Pada akhir pekan, biasanya banyak masyarakat yang berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata atau mal, namun ada pemandangan yang berbeda terjadi di area car free day atau hari tanpa kendaraan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu. 

Sejumlah warga terlihat ramai ke area car free day untuk memanfaatkan layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Misalnya, Albert, yang memperpanjang pajak mobil di SAMSAT keliling tersebut.

"Bagus, ya, ada 'samling' (samsat keliling) ini sekalian jalan olahraga, daripada mengurus di kantor harus lama nunggu kan,"  ucap Albert.

Begitu juga dengan Irna yang menunggu antrean membayar pajak motor di lokasi yang sama. "Sengaja datang hari Minggu kan tidak kerja jadi enak bisa bayar pajak di sini," ujar dia.

Pelayanan SAMSAT keliling di akhir pekan dilakukan secara bergantian oleh SAMSAT dari lima wilayah kota DKI Jakarta.

Dilansir dari antara.com (28/7/2019), menurut Kepala Unit PKB BBN-KB Samsat Jakarta Timur yang bertugas hari ini, Iwan Saepudin, pihaknya menargetkan sekitar 200 hingga 250 orang wajib pajak yang membayarkan pajak kendaraan bermotor di lokasi SAMSAT keliling.

"Nilai pajaknya rata-rata bisa Rp150 sampai Rp200 juta," ungkap Iwan.

Iwan menyebut bahwa waktu tunggu pelayanan di lokasi ini hanya sekitar lima menit. Persyaratan yang diperlukan pun lebih mudah daripada di gerai karena mempertimbangkan para wajib pajak yang umumnya mengunjungi SAMSAT keliling secara spontan.

"Kalau ke kantor SAMSAT harus membawa BPKB, kalau di sini cukup membawa KTP dan STNK," tambah dia.

Sementara itu, berdampingan dengan SAMSAT keliling tersebut ada juga mobil pelayanan SIM keliling yang keduanya buka mulai pukul 06.30 sama sekitar pukul 11.00, menyesuaikan dengan kondisi di hari tanpa kendaraan.

Melalui laman resmi @TMCPoldaMetro di Twitter disebutkan pelayanan SIM keliling hari ini berada di tiga lokasi berbeda, yaitu Jakarta Pusat di Bundaran HI, Jakarta Barat di Jalan Panjang Kebon Jeruk, serta Jakarta Timur di BKT Jalan Raden Intan Duren Sawit.

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X