Ketua DPR: Upaya Percepatan Penanganan Virus Corona Belum Terlihat

- Kamis, 19 Maret 2020 | 15:02 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani (ANTARA FOTO/Reno Esnir).
Ketua DPR, Puan Maharani (ANTARA FOTO/Reno Esnir).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, menilai langkah pemerintah mempercepat upaya penanggulangan virus corona belum nampak nyata, meski sudah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Di lapangan upaya percepatan penanganan belum terlihat nyata. Sekarang saatnya melompat lebih jauh, lebih cepat karena kita berlomba dengan deret ukur penyebaran virus corona," kata Puan ketika dikonfirmasi Indozone, Kamis (19/3/2020).

Puan menilai, negara harus betul-betul dirasakan kehadirannya oleh masyarakat dalam memimpin penanggulangan virus corona. Caranya dengan memperluas pelayanan pemeriksaan di area publik seperti pasar, stasiun, dan terminal.

Pemerintah harus mempermudah masyarakat mendapatkan informasi terkait virus corona, misal peta sebaran kasus dan informasi layanan kesehatan. Juga melakukan percepatan aksi seperti penyediaan alat tes virus corona dalam jumlah massif yang disebar di berbagai titik pelayanan kesehatan masyarakat.

"Petugas medis aktif mendatangi wilayah yang rawan untuk melakukan tes tersebut, sekaligus mempermudah akses masyarakat melakukan tes virus corona," jelasnya.

Puan juga meminta pemerintah secepatnya mencari solusi agar layanan tes corona bisa dilakukan gratis. Selain itu, pemerintah selayaknya menyediakan alat perlindungan diri dari risiko terpapar virus corona kepada warga seperti masker dan hand sanitizer secara cuma-cuma.

"Sudah waktunya pula pemerintah menyiapkan bilik sterilisasi terutama di terminal/stasiun transportasi umum dan di tempat publik lainnya," ungkapnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X