Benarkah Hasil Rapid Test Virus Corona Hanya Butuh 2 Menit?

- Sabtu, 21 Maret 2020 | 10:44 WIB
Ilustrasi pengujian sampel darah terduga virus corona. (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi pengujian sampel darah terduga virus corona. (REUTERS/Dado Ruvic)

Pemerintah Indonesia mulai menerapkan rapid test atau tes cepat virus corona (Covid-19). Kabarnya, hasil rapid test ini sudah bisa diketahui hanya dalam waktu dua menit.

Juru bicara Penanganan Wabah Virus Corona, Achmad Yurianto, mengatakan hal itu sangat memungkinkan. 

"Kalau massal akan menggunakan darah dan alat, dalam waktu dua menit akan kami selesaikan hasilnya," ujar Yuri di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

-
Juru bicara Penanganan Wabah Virus Corona, Achmad Yurianto, memberikan penjelasan terkait rapid test. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Yuri mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan satu juta kit tes virus corona secara massal. Dia juga mengungkapkan, tak semua orang akan diperiksa. 

Pemerintah diberitakan sudah menggelar rapid test virus corona pada Jumat sore di wilayah Jakarta Selatan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, wilayah tersebut menjadi prioritas berdasarkan hasil pemetaan.

"Di wilayah yang dulu sudah diketahui ada kontrak tracking dari pasien yang positif. Dari situlah didatangi rumah ke rumah untuk dites," kata Jokowi. 

Jokowi menyatakan, rapid test virus corona dilakukan untuk memperoleh indikasi awal apakah seseorang positif terkan virus corona atau tidak. Untuk itu, pemerintah memprioritaskan daerah yang paling rawan terinfeksi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X