Luhut Sebut KRL Jabodetabek Tetap Beroperasi dengan Pembatasan

- Jumat, 17 April 2020 | 21:08 WIB
Sejumlah penumpang menaiki Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line menuju Jakarta di stasiun Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Sejumlah penumpang menaiki Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line menuju Jakarta di stasiun Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Terkait kebijakan PSBB, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek akan tetap beroperasi dengan pembatasan waktu.

Hal itu disampaikan Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi. Ia juga menyampaikan bahwa kebijakan itu juga akan membatasi pengendalian penumpang sampai bantuan sosial (bansos) dari pemerintah sudah diterima masyarakat.

"Pak Menko Luhut mendapatkan laporan bahwa penumpang KRL itu mayoritas adalah pekerja. Jadi, kita juga tidak ingin seperti mereka yang bekerja di fasilitas kesehatan jadi terdampak jika KRL ini disetop operasionalnya," kata Jodi di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Jodi menjelaskan bahwa masih ada beberapa sektor usaha yang diizinkan untuk beroperasi selama penerapan PSBB. Sektor itu yang bergerak di bidang kesehatan dan pangan.

Menurut penuturan Jodi, pemberhentian KRL justru dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah baru. Sejauh ini, penerapan PSBB dinilai berjalan efektif.

Ia mengatakan, Menko Luhut menyarankan pemprov untuk untuk secara tegas melarang dan menutup kegiatan formal dan informal di luar sektor yang diperbolehkan.

"Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 itu saya kira sudah sangat jelas mengatur bahwa perkantoran di luar delapan sektor yang masuk pengecualian harus dilarang dan ditutup selama masa PSBB. Maka itu, harusnya menjadi pijakan untuk benar-benar mengawasi dan menindak dengan tegas kantor yang masih bandel dan melanggar pergub," tambah Jodi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X