Kalau Kim Jong Un Meninggal Dunia, Siapa Penggantinya?

- Minggu, 26 April 2020 | 09:35 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat muncul di sebuah acara di televisi.(REUTERS/Heo Ran)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat muncul di sebuah acara di televisi.(REUTERS/Heo Ran)

Sangat sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Korea Utara. Jika laporan minggu ini kredibel, pemimpin tertinggi Kim Jong Un berada dalam kondisi kritis setelah operasi. Sebelumnya, Kim Jong Un disebut-sebut tengah sakit keras. 

Isunya, Kim Jong Un mengidap kardiovaskular. Bahkan, laporan lain menyebutkan, Tiongkok mengerimkan bantuan medis untuk menyelamatkan Kim Jong Un. Kabar terbaru menyebutkan, Kim Jong Un meninggal dunia, seperti diwartakan Reuters, Minggu (26/4/2020).

-
Adik perempuan Kim Jong Un yang bernama Kim Yo Jong. (Photo/REUTERS/Jorge Silva)

Siapa penggantinya?

Korea Utara telah diperintah oleh keluarga yang sama selama tujuh dekade. Korea Utara seperti sebuah dinasti. Salah satu calon penggantinya adalah saudara perempuan Kim Jong Un yaitu, Kim Yo Jong.

Kim Yo Jung mewarisi kekuasaan "lebih dari 90%," kata Cheong Seong-chang, seorang analis di Sejong Institute di Korea Selatan, seperti dilansir Associated Press. Dia memiliki "darah bangsawan."

Dalam beberapa tahun terakhir Kim Yo Jung juga menemani Kim Jong Un dalam pertemuan penting dengan para pemimpin dunia termasuk presiden AS Donald Trump. Hal itu membuat Kim Yo Jung dianggap pengamat sebagai pemimpin nomor dua di Korea Utara.

-
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.(REUTERS/File Photo)

Harus Laki-laki yang Jadi Pengganti Kim Jong Un?

Namun budaya patrilineal (mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah) di Korea Utara sangat kental. Hal itu dianggap menjadi penghalang Kim Yo Jun berkuasa.

Pada 2017, Bloomberg sempat menuliskan kemungkinan besar pengganti Kim Jong Un merupakan sudara laki-lakinya. mengingat anak-anak Kim Jong Un masih terlalu kecil untuk mengambil ahli takhta.

Sayangnya, kakak lelaki Kim Jong Un, Kim Jong Nam hidup terasing di Macau, terbunuh di bandara Kuala Lumpur, Malaysia. Kim Jong Nam menyadari dia menjadi target pembunuhan. Dia sempat memohon untuk melepaskannya. Namun Kim Jong Un menganggapnya sebagai ancaman potensial.

Kim Jong Un memang memiliki saudara laki-laki lain, Kim Jong Chol. Tapi dia tidak tertarik pada politik atau kehidupan publik.

Kim Jong Chul dianggap oleh ayahnya, Kim Jong Il, terlalu "kekanak-kanakan" untuk  memimpin Korea Utara. Kim Jong Chul justru memilih menjadi pemain gitar yang berbakat dan terlihat di konser Eric Clapton lima tahun lalu.

Kim Jong Un juga memiliki seorang paman, Kim Pyong Il yang berusia 65 tahun. Dia baru saja kembali ke Korea Utara pada November 2019 setelah bertugas sebagai diplomat di Eropa selama beberapa dekade. Tapi dia sudah berada di luar lingkaran kekuasaan selama beberapa waktu.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X