Rekor! Jokowi Teken Deal Bisnis dengan UEA Rp314,9 Triliun
Disaksikan Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed, Presiden Jokowi mengisi buku tamu saat tiba di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi, UEA, Minggu (12/1/2020) waktu setempat. (Dok. BPMI Setpres)
News

Rekor! Jokowi Teken Deal Bisnis dengan UEA Rp314,9 Triliun

Pertama di Tanah Air.

Senin, 13 Januari 2020 10:36 WIB 13 Januari 2020, 10:36 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed, melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan di Abu Dhabi, UEA, Minggu (12/1/2020).

Selain membahas berbagai hal mengenai kedua negara, Presiden Jokowi dan Pangeran Mohamed bin Zayed juga menyaksikan penandatanganan kerja sama Indonesia-UEA. Terlebih, UEA merupakan salah satu mitra kerja sama yang penting buat Indonesia.

"UEA akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi," kata Jokowi, dikutip dari laman Setkab.

Dalam pertemuan kali ini, keduanya juga menyaksikan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama Indonesia-UEA. Total ada 16 perjanjian yang ditandatangani, antara lain di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, penanggulangan terorisme, energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikas hingga riset. 

Total nilai investasi seluruh kerjasama tersebut mencapai US$22,89 miliar atau setara Rp314,9 triliun. Angka itu merupakan sebuah rekor deal bisnis terbesar sepanjang sejarah Indonesia. 

“Ini istilahnya Presiden kepada Putra Mahkota adalah satu deal terbesar dalam sejarah Indonesia, dalam waktu singkat di Timur Tengah, yakni UEA,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara itu, Pangeran Mohammed bin Zayed mengapresiasi kedatangan Jokowi. Menurut dia, kerja sama ini merupakan langkah awal di antara kedua negara yang masih bisa ditingkatkan.

"Kita dapat memulai era baru hubungan kedua negara yang lebih erat," tandas Mohammed bin Zayed. 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fahmy Fotaleno
Ivanrida

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU