Nadiem: Banyak Program Pada 2022 untuk Tingkatkan Kualitas Para Guru

- Kamis, 25 November 2021 | 17:21 WIB
Nadiem Anwar Makarim. (Instagram/nadiemmakarim)
Nadiem Anwar Makarim. (Instagram/nadiemmakarim)

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pihaknya telah banyak menyiapkan banyak program untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar para siswa di tahun 2022 mendatang.

“Semua guru-guru kita di seluruh Indonesia, bekerja karena panggilan diri. Bukan karena uang, bukan untuk mencari kerjaan yang stabil saja. Tetapi benar-benar untuk mengabdi. Mohon bapak dan ibu mengetahui, tahun depan kita akan luncurkan berbagai macam program untuk guru," ujar Nadiem, Kamis (25/11), mengutip Antara.

Sebagai bentuk ucapan terima kasih atas dedikasi guru yang terus mengajar meski di tengah pandemi, pihaknya tak hanya memberikan program bantuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) seperti laptop dan proyektor saja, tetapi juga akan membuka berbagai macam platform teknologi untuk membantu kegiatan mengajar para guru.

Pihaknya juga akan membuka berbagai macam pelatihan secara online, yang dapat diikuti guru secara mandiri sesuai dengan kemampuannya.

“Ini bisa diikuti oleh guru-guru secara mandiri sesuai dengan kemampuannya. Bukan belajar teori-teori saja yang praktis dari guru untuk guru,” kata Nadiem.

Selain itu, Kemendikbudristek juga akan menawarkan sebuah kurikulum yang jauh bersifat lebih merdeka dalam mengajar, yang saat ini sedang dalam tahap uji coba di beberapa sekolah penggerak.

Menurut Nadiem, nantinya kurikulum yang dibentuk itu bersifat relevan & praktis serta dapat dengan mudah dimengerti oleh guru karena fleksibel sehingga para guru bisa mengadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan murid-muridnya.

Kurikulum itu juga dirancang untuk memberikan kesempatan bagi guru untuk berkreasi dan berinovasi sehingga proses pembelajaran akan jauh lebih mudah.

Nadiem juga menyebutkan pihaknya akan terus berfokus dalam memastikan guru honorer akan mendapatkan kesejahteraan melalui rekrutmen ujian seleksi PPPK (P3K).

“Jadi banyak hal-hal menarik di tahun depan. Tolong ditunggu dan harap sabar. Tapi nomor satu, tolong desak semua kepala dinas untuk sekolah tatap muka harus segera dilaksanakan,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X