Cetak Sejarah! Pesawat Airbus A340 Sukses Lakukan Pendaratan di Atas Es Antartika

- Kamis, 25 November 2021 | 10:22 WIB
Pesawat Airbus A340 yang lakukan pendaratan di landasan pacu di Antartika. (Foto/Daily Mail)
Pesawat Airbus A340 yang lakukan pendaratan di landasan pacu di Antartika. (Foto/Daily Mail)

Untuk pertama kalinya, sebuah pesawat besar jenis Airbus A340 mendarat mulus di landasan pacu di Antartika.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (25/11), pesawat tersebut mendarat pada Selasa (22/11) usai melakukan perjalanan 2.800 mil dalam waktu 5 jam lebih dari Cape Town, Afrika Selatan.

Pesawat kargo tersebut dibuat untuk Wolf's Fang, sebuah proyek baru dari perusahaan pariwisata Antartika White Desert di Kutub Selatan.

Landasan pacu yang ada di resort Wolf Fang ditetapkan sebagai Bandara C Level. Itu artinya, hanya pilot yang punya pengalaman dan jam terbang tinggi yang bisa terbang ke sana karena kondisi ekstrem.

"Semakin dingin semakin baik," ujar Kapten Carlos Mipuri dari Hi Fly.

Saat melakukan pendaratan di es, salah satu bahaya terbesarnya adalah silau dari salju dan es. Namun, Airbus A340 berhasil melakukan pendaratannya dengan sempurna di atas es glasial biru setebal hampir satu mil.

"Refleksinya luar biasa. Kacamata yang tepat bisa membantu Anda menyesuaikan mata Anda antara tampilan luar dan instrumentasi," ujar Carlos.

"Tidak ada panduan kemiringan luncuran visual, dan perpaduan landasan pacu dengan medan di sekitarnya. Ini membuat penilaian ketinggian menjadi sedikit lebih menantang," sambungnya.

"Ini adalah pesawat yang kuat, nyaman dan aman. Pesawat berkinerja baik di lingkungan ini."

Hingga kini, Antartika sendiri belum memiliki bandara. Namun, terdapat 50 landasan pacu yang digunakan oleh para peneliti dan pengunjung lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X