DPRD DKI Klaim Dana Dapil Rp49 Miliar agar Lebih Cepat Serap Aspirasi Warga

- Rabu, 17 November 2021 | 13:12 WIB
Situasi Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta. (ANTARA/HO DPRD DKI Jakarta)
Situasi Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta. (ANTARA/HO DPRD DKI Jakarta)

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Misan Samsuri menyebutkan, dana sebesar Rp49 miliar bagi anggota dewan digunakan sebagai cara menyerap aspirasi masyarakat dengan cepat. Pasalnya, anggaran itu akan digunakan untuk mengunjungi daerah pemilihan atau dapil.

Diketahui, anggaran puluhan miliar itu terdapat dalam rancangan kerja tahunan (RKT), dan akan didiskusikan melalui pembahasan antar komisi pada RAPBD 2022.

"Tapi pada prinsipnya kunjungan dapil ini dalam rangka penyerapan aspirasi," ucap Misan saat dikonfirmasi, Rabu (17/11/2021).

Penasihat Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta ini menjelaskan, jikalau hanya mengandalkan reses, maka aspirasi rakyat hanya bisa ditampung dalam periode 3-4 bulan sekali dalam satu tahun.

Baca juga: Kembali Gelar Rapat di Bogor, Ini Alasan DPRD DKI Jakarta

Sedangkan, apabila terdapat anggaran dapil, Misan mengklaim, anggota DPRD DKI yang berjumlah 106 orang tersebut akan lebih sering turun ke lapangan  mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat.

"Aspirasi masyarakat kan tidak kita tampung empat bulan sekali, bisa saja bulanan atau dua mingguan dan sebagainya," tandasnya.

Sekadar diketahui, setiap anggota dewan akan menerima sekitar Rp38,4 juta perbulan dari anggaran dapil tersebut. Rencana ini pun disebutkan Misan masih harus melalui kesepakatan dan penyesuaian di setiap komisi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X