Bukan Jakarta, Kabupaten Enrekang Jadi yang Terbaik Soal Vaksinasi di Indonesia

- Minggu, 14 November 2021 | 21:20 WIB
Petugas menyuntikkan vaksin ke seorang warga di Enrekang. (Antara foto)
Petugas menyuntikkan vaksin ke seorang warga di Enrekang. (Antara foto)

Daerah terbaik dalam penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 di Indonesia ternyata bukanlah DKI Jakarta. Yap, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, yang justru menjadi daerah terbaik.

Enrekang menjadi daerah penyelenggara vaksinasi COVID-19 berkat kerja keras TNI-Polri, yang membangun program 'serbuan vaksinasi'.

Dalam program tersebut, seluruh polisi di jajaran polda, polres hingga tingkatan polsek, ikut aktif menyukseskan vaksinasi COVID-19.

"Melalui program serbuan vaksin oleh TNI-Polri kami bersinergi dengan pemerintah, kementerian, dan seluruh lapisan masyarakat ikut memaksimalkan program tersebut dalam mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity dan ini adalah ikhtiar kami," ujar Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya Ghalib dalam keterangannya, Minggu (14/11/2021).

-
Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya menerima vaksin COVID-19 di Puskesmas Kota Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (3/2/2021). ANTARA/HO-Polres Enrekang/am.

Atas kerja keras tersebut, Enrekang pun meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-57 tahun 2021.

Penghargaan diberikan setelah melihat indikator pencapaian cakupan tertinggi vaksinasi COVID-19 serta penyediaan layanan yang inovatif.

Selain itu, pembukaan pelayanan vaksinasi di malam hari pada bulan Ramadhan 2021, penjangkauan sasaran dan penerapan teknologi tepat guna juga melengkapi tingkat sebaran itu.

"Saya atas nama instansi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Enrekang serta masyarakat Kabupaten Enrekang karena telah mendukung program vaksinasi," kata Andi.

-
Petugas menyuntikkan vaksin ke seorang warga di Enrekang. (Antara foto)

Putra bungsu mantan Jaksa Agung Letjen (Purn) Andi Ghalib itu menerangkan jika antara pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat saling bersinergi untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam hal program vaksinasi.

"Kabupaten Enrekang patut berbangga diri karena mendapatkan penghargaan pada hari Kesehatan pada kategori penyelenggaraan vaksinasi COVID-19," terangnya.

Kadis Kesehatan Enrekang Sutrisno mengucapkan terima kasih atas dukungan Polres Enrekang dan Kodim 1419 Enrekang dalam vaksinasi COVID-19 yang mendorong dan mampu memobilisasi masyarakat untuk divaksin di sentra-sentra vaksinasi seperti Gerai Vaksin Presisi Polri, puskesmas, maupun door to door di pelosok desa.

Karena selain Dinkes, Polres Enrekang dan Kodim 1419 Enrekang juga aktif di dalam program vaksinasi dengan mendirikan gerai-gerai vaksinasi di setiap kecamatan hingga desa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X