Anak Buah Anies Akhirnya Akui Pernah Pinjam Rp180 Miliar untuk Bayar Formula E

- Selasa, 9 November 2021 | 13:01 WIB
Ilustrasi balapan Formula E Jakarta E-Prix. (Twitter/@Jakarta_ePrix)
Ilustrasi balapan Formula E Jakarta E-Prix. (Twitter/@Jakarta_ePrix)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengakui telah meminjam uang sebesar Rp180 miliar terhadap Bank DKI untuk membiayai commitment fee penyelenggraan Formula E.

Kadispora DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan, alokasi pembayaran seluruh commitment fee telah melalui pembahasan dengan DPRD DKI Jakarta dan telah disetujui alokasinya pada Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) 2019.

"Pembayaran termin 1 commitment fee Rp 180 miliar pada Oktober 2019 melalui pinjaman jangka pendek Bank DKI yang dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku," ucapnya, Selasa (9/11/2021).

"Pinjaman tersebut telah dilunasi melalui pencairan DPPA Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta pada Desember 2019," tambah Achmad Firdaus.

Baca Juga: Soal Rencana PA 212 Reuni di Monas, Wagub DKI: Harap Dipikirkan Lagi

Ia menjelaskan, setelah ditunjuk oleh Formula E Operation (FEO) untuk menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik (ABB FIA Formula E World Championship) ke-7 tahun 2020,  Pemprov DKI  harus membayarkan commitment fee paling lambat 1 tahun sebelum pelaksanaan, yaitu pada 2019. 

Seperti diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memberikan surat kuasa kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora), Achmad Firdaus meminjam uang ke Bank DKI untuk membayar commitment fee Formula E. 

Menurut Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, peminjaman uang ratusan miliar untuk penyelenggaraan balap mobil listrik bertaraf internasional tersebut dilakukan pada Agustus 2019.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X