Bukan karena Hujan, Banjir di Jakarta Barat Disebabkan Air Kiriman dari Bogor

- Selasa, 9 November 2021 | 09:18 WIB
Banjir di Jalan Haji Briti B, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). (ANTARA/Walda)
Banjir di Jalan Haji Briti B, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). (ANTARA/Walda)

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah Jakbar seperti di Green Garden dan Jalan Haji Briti Kebon Jeruk pada Minggu (7/11) bukan karena hujan deras, melainkan kiriman dari Bogor yang mengalir lewat Sungai Pesanggrahan.

"Memang semua yang dekat Kali Pesanggrahan itu banjir. Jadi genangan itu dari Kali Pesanggrahan," ujar kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas (Sudin) SDA Jakarta Barat Wawan Kurniawan, Selasa (9/11), dikutip dari Antara.

Wawan mengatakan, luapan air dari Katulampa (Bogor) begitu tinggi sehingga air cepat meluap. Kondisi itu diperparah dengan belum maksimalnya normalisasi bantaran kali.

Karena itu, pihaknya tengah membangun tanggul sementara di beberapa titik aliran Kali Pesanggrahan guna menahan air agar tidak meluap.

"Kita bangun tanggul sementara di tiga titik aliran yang banjir kemarin. Tiga titik itu ada di kecamatan Kebon Jeruk semua," ujarnya.

Dengan adanya tanggul sementara itu, Wawan memastikan air akan cukup tertahan sehingga tidak mudah masuk ke permukiman.

Selain itu, dia juga tetap memastikan drainase dan beberapa saluran air di lokasi berjalan lancar.

Diketahui, hujan deras sempat melanda Jakarta Barat pada Minggu (7/11) siang. Akibatnya beberapa wilayah pemukiman terendam banjir. Salah satunya permukiman di Jalan Haji Briti, Kembangan Selatan, Kembangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X