The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Taliban Perintahkan Semua Perempuan Afghanistan Pakai Penutup Wajah
Seorang perempuan mengenakan Burka di Kabul, Afghanistan. (REUTERS/Ali Khara)
News

Taliban Perintahkan Semua Perempuan Afghanistan Pakai Penutup Wajah

Menolak berimbas ayah bisa dipenjara

Minggu, 08 Mei 2022 15:04 WIB 08 Mei 2022, 15:04 WIB

INDOZONE.ID - Taliban memerintahkan semua perempuan Afghanistan untuk mengenakan penutup wajah saat berada di tempat umum.

“Mereka harus mengenakan chadori (burka dari kepala hingga ujung kaki) karena itu pakaian tradisional dan penuh hormat,” isi sebuah dekrit yang dikeluarkan oleh Kepala Taliban Haibatullah Akhunzada mengutip Al Jazeera, Minggu (8/5/2022).

Seorang juru bicara Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan Taliban, mengatakan bahwa ayah seorang wanita atau kerabat laki-laki terdekat, berpotensi dipenjara atau dipecat dari pekerjaan di kantor pemerintah jika mereka tidak menutup wajahnya saat berada di luar rumah.

Baca juga: Hepatitis Akut Menyerang Anak-Anak, Disebut Bisa Menular Lewat Percikan Air Liur

Juru bicara itu menambahkan bahwa penutup wajah yang ideal adalah burqa. Pakaian ini menjadi simbol Taliban dari tahun 1996 hingga 2001. 

Sebagai informasi sebagian besar wanita di Afghanistan sudah mengenakan jilbab, tetapi banyak di daerah perkotaan, seperti Kabul, tidak menutupi wajah mereka.

Sementara itu, berbicara Fawzia Koofi, mantan wakil ketua parlemen Afghanistan, mengatakan bahwa keputusan Taliban tersebut adalah penindasan.

“Pertanyaannya adalah, di tengah semua penderitaan rakyat Afghanistan ini, mengapa isu perempuan menjadi satu-satunya yang diprioritaskan,” tanya Koofi.

“Tantangan terbesar yang dihadapi perempuan setiap hari adalah kurangnya pekerjaan dan krisis ekonomi,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Rachmat Fahzry
JOIN US
JOIN US