Ganjar Pranowo Ajak PNS Beli Jajan Agar Pedagang Kecil Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 14:37 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram/ganjar_pranowo)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram/ganjar_pranowo)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerahnya untuk membeli jajan dari pedagang kecil. Ajakan itu dilakukan agar usaha para pedagang tersebut tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Melalui unggahan video di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Selasa (3/8/2021), Ganjar bercerita bahwa saat ini dia sering melihat pedagang yang sepi pembeli.

"Saya hampir tiap hari berkeliling melihat kondisi masyarakat masuk kampung keluar kampung, di pasar, di pedagang. Di sekitar Tembalang sana ibu-ibu sudah dua hari ini saya lewati terus menerus, dia jualan sayur," ungkap Ganjar dalam video.

Ganjar mengatakan di daerah tersebut dia sering melihat seorang pedagang sayuran yang selalu tidur di bangku panjang karena sepinya pembeli. Merasa kasian, Ganjar pun membeli semua dagangannya.

"Setiap saya lewati itu dia posisinya tidur di bangku panjang karena tidak ada pembeli. Saya datangi, karena saya pakai masker dan pakai helm dia tidak tahu siapa saya. Lalu saya beli dagangannya banyak sekali, dia bingung," ujar dia.

Ganjar yang penasaran bertanya kepada pedagang sayur tersebut terkait berapa jumlah modal yang dikeluarkan. Ganjar yang mengetahui modal yang dikeluarkan sebesar Rp500 ribu langsung merasa sedih.

"Lalu saya tanya, 'Ibu berapa modalnya sehari? Rp 500 ribu'. Dan barang dagangannya kira-kira masih separuh lebih. Saya tidak membayangkan kondisinya, maka respon masyarakat saya lihat juga bagus, ketika pak Sekda dan kawan-kawan menyiapkan desain 'Ayo Jajan'" cerita dia.

Untuk itu, dia mengajak seluruh masyarakat khususnya PNS di daerahnya untuk membeli dagangan dari pedagang kecil agar dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Sudah kita jajan aja, kita yang PNS, kita yang masih dapat gajian, Yuk sebaiknya kita sering jajan. Belilah dagangan mereka, mau dimakan sendiri boleh, beli untuk disumbangkan orang lain boleh tapi dibeli, agar mereka bisa hidup, agar mereka bisa mendapatkan rezeki," pungkas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X