China Meluncurkan Kereta Peluru Pertama di Tibet Dekat Perbatasan India

- Jumat, 25 Juni 2021 | 14:37 WIB
Kereta peluru pertama China. (Reuters)
Kereta peluru pertama China. (Reuters)

Pada hari Jum'at (25/6/2021) China mengoperasikan kereta peluru pertama yang sepenuhnya dialiri listrik di wilayah Himalaya terpencil di Tibet yang menghubungkan ibu kota provinsi Lhasa dan Nyingchi, sebuah kota perbatasan Tibet yang berlokasi strategis dekat dengan Arunachal Pradesh.

Kereta api Api Sichuan-Tibet memiliki jalur sepanjang 435,5 km, Lhasa-Nyingchi telah diresmikan menjelang perayaan 100 tahun Partai Komunis China (CPC) yang berkuasa pada 1 Juli.

Jalur Kereta Api Sichuan-Tibet akan menjadi jalur kereta api kedua ke Tibet setelah jalur kereta api Qinghai-Tibet. Ini akan melewati tenggara Dataran Tinggi Qinghai-Tibet, salah satu daerah paling aktif secara geologis di dunia.

Dikutip dari India Today, pada bulan November, Presiden China Xi Jinping telah menginstruksi para pejabat untuk mempercepat pembangunan proyek kereta api baru yang menghubungkan Provinsi Sichuan dan Nyingchi di Tibet, dia juga sempat mengatakan jalur kereta api baru memainkan peran kunci dalam menjaga stabilitas perbatasan.

Kereta Api Sichuan-Tibet dimulai dari Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, dan berjalan melalui Ya'an dan memasuki Tibet melalui Qamdo, memperpendek perjalanan dari Chengdu ke Lhasa dari 48 jam menjadi 13 jam.

Nyingchi adalah kota tingkat prefektur Medog yang berbatasan dengan perbatasan Arunachal Pradesh.

China mengklaim Arunachal Pradesh bagian dari Tibet Selatan yang dengan tegas ditolak oleh India.

Sengketa perbatasan India-China mencakup Garis Kontrol Aktual (Line of Actual Control/LAC) sepanjang 3.488 km.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X