The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal LRT Tabrakan Ketika Uji Coba, DPR Harap Hasil Investigasi KNKT Jadi Perbaikan
Wakil ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
News

Soal LRT Tabrakan Ketika Uji Coba, DPR Harap Hasil Investigasi KNKT Jadi Perbaikan

Rabu, 27 Oktober 2021 11:20 WIB 27 Oktober 2021, 11:20 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku prihatin atas adanya peristiwa tabrakan yang dialami oleh LRT Jabodetabek saat sedang melakukan uji coba di jalur layang Munjul, Jakarta Timur.

Dasco mengakui bahwa uji coba LRT adalah hal yang sangat penting. Karena disitulah guna mengetahui keselamatan para penggunanya.

"Ya bahwa uji coba LRT itu kan sangat penting. Untuk keselamatan pemakai nantinya, dan ketika itu terjadi kecelakaan kita merasa prihatin atas kecelakaan yang terjadi," kata Dasco dikutip Rabu (27/10/2021).

Disebutkan Dasco, pasca adanya peristiwa kecelakaan tabrakan LRT ini dirinya menyerahkan semua investigasi kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Hal ini perlu untuk mengetahui penyebab kecelakaan ini apakah karena kesalahan teknis ataupun human error.

Baca juga: Tak Ada Korban Jiwa Akibat Tabrakan LRT di Jakarta Timur

"Namun kita serahkan semua yang terjadi kepada KNKT untuk kemudian mengkaji menyelidiki apakah kesalahannya karena teknis atau human error. Dan ini akan kita tunggu hasil dari KNKT, untuk menjadi masukan perbaikan LRT di masa datang," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, kereta ringan lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek yang tengah dalam tahap uji coba dikabarkan mengalami kecelakaan di jalur layang ruas Munjul, Jakarta Timur, pada Senin (25/10).

Terkait kecelakaan tersebut, PT INKA, membeberkan kronologi terjadinya kecelakaan tersebut. Dirut PT INKA Budi Noviantoro menyebutkan, tabrakan tersebut terjadi karena langsiran dari masinis terlalu cepat saat melakukan uji coba.

"Ini terindikasi, nanti KNKT yang tentukan, (penyebab karena) langsiran yang terlalu cepat," ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin (25/10).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US