Akun 'Suara Politik' Sebar Hoaks Gibran Lumpuh Total, Netizen: Masih Kurang Biadab kah?

- Kamis, 22 Juli 2021 | 16:28 WIB
Thumbnail dari video hoaks yang diunggah akun 'Suara Politik' di Youtube yang banyak dikecam netizen. (Youtube/Suara Politik))
Thumbnail dari video hoaks yang diunggah akun 'Suara Politik' di Youtube yang banyak dikecam netizen. (Youtube/Suara Politik))

Sebuah akun Youtube 'Suara Politik' memposting sebuah video berita hoaks yang mana dalam thumbnail atau tampilan awal diberi judul yang cukup heboh yakni 'Lumpuh Total! Kabar Duka Istana, Kondisi Gibran Semakin Memprihatinkan, Istana Banjir Tangis'.

Tampilan gambar diedit sedemikian rupa dimana memperlihatkan tubuh ria bernama lengkap Gibran Rakabuming Raka yang sedang terbaring di atas bangsal unit gawat darurat dirawat oleh seorang mengenakan pakaian hazmat. Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) duduk di sampingnya sambil berdoa.

Tentunya, ini merupakan hoaks yang sengaja dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu. Pasalnya Gibran sendiri yang saat ini menjabat sebagai Walikota Solo, sudah sembuh setelah sebelumnya terpapar Covid-19. Sontak, apa yang diunggah oleh akun Suara Politik ini, menarik perhatian banyak warganet.

Di Twitter, pemilik akun @Candraasmara85 menggunggah hasil tangkapan layar video tersebut. Ia menyebut bahwa kabarnya Kabreskrim memerintahkan jajaranya agar menindak tegas penyebar hoax tersebut. Ia juga sampai mempertanyakan apakah hoaks ini masih kurang biadab?

"Denger2 katanya Kabareskrim perintahkan Jajarannya agar menindak tegas penyebar Hoax ya? Ini masih krg Biadab kah?" tulisnya.

-
Postingan terkait hoaks Gibran Rakabuming Raka dan fakta tekait kondisi terbaru Walikota Solo. (Twitter/@Candraasmara85)

Masih banyak lagi warganet yang kesal dengan postingan tersebut. Tidak sedikit yang langsung melaporkannya ke Mabes Polri melalui akun @DivHumas_Polri.

Dilhat Indozone, akun Suara Politik ini sudah mengupload sebanyak 600 lebih video. Dimana, judul-judul yang ditampilkan sangatlah bombastis dan berlebihan.

-
Deretan video yang sudah diunggah akun Suara Politik. (Youtube)

Gambar dan isi konten youtube itu bertolak belakang dengan kenyataan kalau Gibran saat ini telah terkonfirmasi telah sembuh dari Covid-19. Ia mengumumkan bahwa dirinya telah sembuh dari infeksi virus corona (Covid-19). Gibran sembuh usai positif Covid-19 lebih dari satu pekan.

Gibran menyampaikan kabar tersebut via pesan singkat kepada wartawan di Solo. Dia mengaku sudah sembuh sejak beberapa hari yang lalu dan tinggal masa pemulihan.

"Saya sudah negatif dari dua hari lalu kok. Tinggal masa pemulihan," kata Gibran mengutip Antara, Rabu (21/7).

Sebelumnya, Gibran mengumumkan positif terinfeksi virus corona pada 14 Juli lali. Dia dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes swab di RS Bung Karno, Surakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X