Wagub DKI Akui Daerah Penyangga Minta Bantuan Dana Penanganan Banjir

- Rabu, 3 November 2021 | 13:40 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui, ada permintaan bantuan dana untuk penanganan banjir di ibu kota dari kepala daerah di wilayah penyangga. Ia pun memberikan tanggapannya. 

“Memang itu dimungkinkan, sejauh alasan yang dapat diterima dan rasional,” ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/11/2021). 

Ia menjelaskan, pemberian dana hibah bagi daerah penyangga bukan hal baru bagi Pemprov DKI Jakarta. Riza mencontohkan pada  kasus penanganan sampah di ibu kota, dan penggunaan TPST Bantargebang. 

Maka dari itu, untuk menangani masalah sampah di ibu kota, Pemprov DKI bekerja sama dengan Pemkot Bekasi, dan diwajibkan memberikan bantuan tunai langsung kepada warga yang terdampak bau. 

“Masalah sampah umpamanya di Bekasi, itu memang ada bantuan dari Pemprov DKI Jakarta,” terangnya. 

Kendati demikian, Riza belum bisa memastikan terkait permintaan dana penanganan banjir dari daerah penyangga itu. Pasalnya, hal itu harus dibahas terlebih dahulu dengan pihak legislatif. 

“Nanti akan didiskusikan bersama DPRD mana daerah penyangga Jakarta yang dimungkinkan mendapatkan bantuan dari Pemprov DKI seperti tahun-tahun sebelumnya,” papar Riza. 

Sekadar diketahui, sejumlah kepala daerah di wilayah penyangga menyurati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meminta dukungan dana terkait masalah banjir di ibu kota. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. 

"Wali Kota Bekasi dia minta. Nanti di dalam rapat Banggar, saya akan sampaikan dasarnya ini (surat). Kalau kita enggak kasih ini jadi masalah juga buat Jakarta," ucapnya, Selasa (2/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X