Kronologi Jenazah Muslim Terlanjur Dikremasi karena Tertukar dengan Jenazah Tionghoa

- Rabu, 26 Mei 2021 | 12:00 WIB
Pemakaman jenazah Abdul Hamid yang terlanjur dikremasi (Antara)
Pemakaman jenazah Abdul Hamid yang terlanjur dikremasi (Antara)

Geger kasus jenazah yang tertukar di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Batam, Sabtu (22/5/2021). Jenazah atas nama Abdul Hamid (44) asal Sulawesi Selatan, tertukar dengan jenazah warga Tionghoa, Sing Peng yang terpapar Covid-19.

Mirisnya, jenazah Abdul Hamil yang seorang muslim ini terlanjur dikremasi atau dibakar di krematorium Batam. Abdul Hamid meninggal karena penyakit asma.

Kemudian, dilakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah jenazah tersebut positif Covid-19 atau tidak. Saat itulah diduga kedua jenazah tertukar karena kecerobohan rumah sakit.

Akibatnya, pihak keluarga menggeruduk rumah sakit tersebut karena tidak terima anggota keluarga mereka malah dikremasi.

Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Batam, Masrur Amin mengatakan pihak rumah sakit seakan mempersulit setelah Abdul mendapatkan hasil negatif Covid-19.

"Ini menyangkut dengan COVID-19. Prosedural pengambilan mayat kalau sudah dinyatakan hasil tesnya negatif, apakah ada tes kedua dan ketiga lagi? Karena keluarga kami jelas hasil tes negatif, tetapi dipersulit sedemikian rupa oleh RS Bhayangkara," katanya, dikutip dari Antara, Rabu (26/5/2021).

"Singkat cerita kenapa dipersulit, rupanya mayat itu sudah diambil oleh orang lain dan sudah dibakar," lanjut Masrur.

Polda Kepri pun turun tangan menangani kasus ini dan mengupayakan mediasi. Hasilnya, keluarga akhirnya bisa memaafkan dan menerima hal ini sebagai takdir Allah.

"Pihak keluarga dan Kepolisian sudah bertemu, dan pihak keluarga sudah memaafkan kejadian ini karena pihak Polda Kepri sudah bertanggung jawab dan meminta maaf," kata Masrur 

“Pihak keluarga menerima, bahwa itu sudah takdir almarhum (Abdul Hamid). Keluarga dari Makasar juga datang. Abang kandungnya langsung menyampaikan ke kita semua, ini biarkan menjadi cobaan dari Allah SWT dan kita terima cobaan itu dengan hati lapang dan ikhlas," pungkasnya.

Jenazah kini telah dimakamkan secara Islam di TPU Air Raja Sengkuang, Senin (24/5/2021). Proses pemakaman diwarnai isak tangis keluarga karena sedih Abdul dimakamkan dengan kondisi tubuh tidak utuh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X