Jokowi Senyum Dikritik BEM UI, Prof Ariel Teringat Soeharto: Tangannya Gak Pernah Kotor

- Selasa, 29 Juni 2021 | 19:28 WIB
Kolase foto Soeharto dan Jokowi. (ist)
Kolase foto Soeharto dan Jokowi. (ist)

Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi akhirnya angkat bicara soal kritik yang dilayangkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) terhadap dirinya, yang menyebutnya 'The King of Lip Service' dan menjadikannya meme.

Tampil di hadapan sejumlah wartawan, mengenakan batik lengan panjang berwarna biru, Jokowi tampak senyum dan kalem saat menyampaikan tanggapannya.

Sambil tetap menjaga senyumnya, Jokowi menganggap kritik BEM UI terhadapnya sebagai hal yang lazim. Akan tetapi, ia mengingatkan soal budaya tata krama di Indonesia.

“Saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa dan ini negara demokrasi, jadi kritik itu boleh-boleh saja dan universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa untuk berekspresi. Tapi juga ingat, kita ini memiliki budaya tata krama, memiliki budaya kesopansantunan,” ujarnya, Selasa (29/06/2021), di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi mengaku memaklumi kritik BEM UI terhadapnya. Ia sendiri mengingat semua istilah kritik yang pernah dilayangkan padanya.

“Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer, ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo, kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter, kemudian ada juga yang ngomong saya ini ‘bebek lumpuh’, dan baru-baru ini ada yang ngomong saya ini ‘Bapak Bipang’, dan terakhir ada yang yang menyampaikan mengenai ‘The King of Lip Service’,” ujarnya.

Menanggapi pernyataan Jokowi tersebut, guru besar emeritus dari Universitas Monash Australia, Profesor Ariel Heryanto jadi teringat pada sosok 'Bapak Pembangunan RI' di era Orde Baru, Soeharto.

Ariel tidak menyamakan Jokowi dan Soeharto secara gamblang, namun ia diduga melihat kesamaan antara Jokowi dan Soeharto dalam hal penampilan ke publik.

"Dalam banyak penampilan publik, the smiling general biasanya kalem dan banyak senyum, walau didemo mahasiswa dan diolok2. Tangannya nggak pernah kotor.  Entah kaki-tangannya yang ada di mana2," cuit Ariel di Twitter, seperti dilihat Indozone pada Selasa (29/6/2021).

-
Cuitan Profesor Ariel Heryanto. (Twitter)

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X