Minta ke Daerah Lain hingga Luar Negeri, DKI Belum Bisa Atasi Masalah Kebutuhan Nakes

- Rabu, 30 Juni 2021 | 10:55 WIB
Petugas tenaga kesehatan mengangkut jenazah dengan menggunakan protokol COVID-19 ke ambulans di kawasan permukiman dago Bandung, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).
Petugas tenaga kesehatan mengangkut jenazah dengan menggunakan protokol COVID-19 ke ambulans di kawasan permukiman dago Bandung, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih membutuhkan sebanyak 2.156 tenaga kesehatan atau nakes, dan kekurangan 5.139 vaksinator untuk menangani pandemi Covid-19

Terkait masalah itu, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyebutkan tak mudah mendatangkan nakes, termasuk pihaknya yang telah meminta tambahan nakes dari daerah lain, yakni Banten, namun ditolak. 

“Semua kan kebutuhan nakes, tidak bisa diciptakan dengan cepat kalau dokter kan,” ucap Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (30/6/2021).

Riza Patria meyakini bahwa seluruh tenaga kesehatan telah dikerahkan ke seluruh wilayah di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan. Maka, belum bisa ditambahkan dalam waktu dekat ini.

Tak hanya dari dalam negara, Riza mengungkapkan, wacana untuk mendatangkan nakes dari luar negeri pun telah dibahas DKI bersama pemerintah pusat.

Baca Juga: Wabah Tikus Australia: Pemilik Hotel Terserang Infeksi Bakteri Mematikan dari Tikus

“Sudah dibahas oleh pak menko tadi, dibahas pak menteri, Menteri BUMN, Kesehatan, semuanya,” terangnya.

Namun, hal tersebut belum bisa diwujudkan. Kendati demikian, politikus Partai Gerindra ini meminta masyarakat tidak khawatir, karena pihaknya pasti menangani berbagai  kebutuhan fasilitas kesehatan itu.

“Kiita akan upayakan yang terbaik berbagai fasilitas, tidak hanya oksigen, tempat pemakaman, ambulans, tenaga kesehatan semuanya pasti kita perhatikan,” tandad Riza.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X