Pangdam Jaya Hadiri Acara Tradisi Papua Bakar Batu

- Minggu, 27 Oktober 2019 | 14:20 WIB
Acara pembukaan bakar batu oleh Ketua Bamus Papua Kri Ansanai, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Edi Pramono. (Pendam Jaya)
Acara pembukaan bakar batu oleh Ketua Bamus Papua Kri Ansanai, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Edi Pramono. (Pendam Jaya)

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono menghadiri acara Tradisi Papua Bakar Batu, Minggu (27/10) di Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

Setiap daerah di Indonesia menyimpan keunikan tersendiri, seperti bahasa daerah, pakaian adat, makanan khas, maupun kebiasaan masyarakatnya. Maka daerah Papua yang merupakan bagian dari NKRI juga memiliki tradisi yang unik yakni upacara Bakar Batu.

Bakar Batu merupakan upacara tradisional yang penting dilakukan oleh masyarakat di sana. Tujuan upacara ini adalah untuk menunjukkan rasa syukur, menyambut kebahagiaan atas kelahiran, kematian, atau dilakukan untuk mengumpulkan prajurit ketika berperang. 

Namun kali ini beda, upacara tradisi Bakar Batu bukannya diadakan di daerah pegunungan tapi diadakan di Ibukota NKRI tepatnya di Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Acara ini dipimpin Bapak Kri Ansanai yang merupakan Kepala adat Papua yang di Jakarta.

-
Acara tradisi bakar batu (Pendam Jaya)

Acara tradisi kali ini bertujuan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober besok, kendati acaranya tidak diadakan di pegunungan tapi acara berjalan dengan lancar

Bakar batu ini didahului dengan acara Yospan atau Yosim Pancar terlebih dahulu yaitu berdoa bersama dan dilanjutkan dengan bakar batu.

Pada kesempatan itu Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menyampaikan dalam sambutannya diantaranya bahwa Papua merupakan wilayah NKRI maka dari itu masyarakat Papua merupakan saudara kita yang harus dihormati termasuk adat istiadatnya dan juga tradisinya seperti yang dilaksanakan saat ini.

Tampak hadir pada acara bakar batu ini Ketua Bamus Papua Bapak Kri Ansanai, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Pangdam Jaya  Mayjen TNI Eko Margiyono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Edi Pramono dan seluruh masyarakat Papua yang berada di Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Proyek Infrastruktur Yang Digarap di 5 'Bali Baru' Ala Jokowi

Romantisme Kakek Nenek Penjual Bakso yang Selalu Bersama

Vinales Tragis, Marquez Menang Dramatis di MotoGP Australia

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X