Megawati Sebut Penanganan Bencana Alam Harus Masuk Kurikulum
photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
News

Megawati Sebut Penanganan Bencana Alam Harus Masuk Kurikulum

Selasa, 26 November 2019 00:40 WIB 26 November 2019, 00:40 WIB

INDOZONE.ID - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri mengajak pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk memasukkan materi mengenai penanganan pertama menghadapi bencana ke dalam kurikulum sekolah.

Megawati menyampaikan hal itu dalam sambutannya usai menerima penghargaan sebagai Tokoh Pelopor Penguatan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika oleh BMKG.

Menurutnya, kurikulum mengenai penanganan pertama dalam menghadapi bencana sangatlah penting diterapkan di sekolah-sekolah agar sejak dini anak-anak sudah mengetahui bagaimana cara melindungi diri ketika bencana terjadi.

"Jadi mereka kalau suatu saat terjadi seperti yang tadi saya katakan (bencana alam), dapat segera mampu melindungi dirinya sendiri dan kemudian membantu orang lain," kata Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Mega mengadopsi ide untuk memasukkan materi penanganan bencana ke dalam kurikulum sekolah dari Jepang. Di negara berjuluk matahari terbit itu, kata dia, para siswa sudah mengerti apa yang harus dilakukan ketika bencana alam terjadi, karena adanya kurikulum tersebut.

Dia mengatakan para siswa dan orang tua siswa di Jepang sudah dibekali pengetahuan yang cukup, sehingga ketika bencana alam terjadi mereka tidak panik dan dapat langsung melindungi diri.

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU