Waspada! Petir Cenderung Menyambar di Tempat Terbuka

- Minggu, 8 Desember 2019 | 16:01 WIB
Wikipedia
Wikipedia

Petir cenderung 'memilih' tempat yang terbuka sebagai obyek sambarannya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Agung Sudiono Abadi.

Oleh karena itu, masyarakat diminta waspada saat sedang melakukan aktivitas di luar ruangan atau di tempat terbuka.

"Petir cenderung memilih tempat terbuka, obyek yang tinggi, dan tonjolan di permukaan bumi. Obyek tinggi bisa berupa tiang ataupun pohon, dan tonjolan bisa berupa bukit atau gunung maupun manusia, hewan, dan bangunan yang berada di tempat terbuka," ujar Agung, Minggu (8/12).

Penjelasan Agung tersebut menjawab pertanyaan daerah seperti apa yang rawan terkena sambaran petir dan perlu dihindari oleh masyarakat saat sedang cuaca buruk.

Artinya, orang yang berada di tengah sawah, bermain bola di lapangan, maupun berlayar di atas kapal di lautan terbuka, lebih berpotensi menjadi obyek yang rawan disambar petir.

Agung juga mengungkapkan bahwa petir bisa menyambar beberapa objek sekaligus, sehingga masyarakat harus selalu waspada jika ada kilatan-kilatan petir dan saat berada di bawah pohon atau tempat terbuka lainnya.

Diketahui, pada pekan ini, belasan ekor ternak sapi milik warga Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mati menggenaskan karena tersambar petir. Seorang warga di Kabupaten Timor Tengah Selatan juga dilaporkan meninggal dunia akibat tersambar petir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X