Kondisi Mantap, Infrastruktur Jalan Siap Digunakan Mudik Nataru

- Selasa, 3 Desember 2019 | 09:37 WIB
Jalan Pantai Selatan Jawa. (PUPR).
Jalan Pantai Selatan Jawa. (PUPR).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin kesiapan dan keamanan infrastruktur jalan nasional dan tol, untuk dipergunakan di arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Bahkan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  memastikan ada tambahan infrastruktur baru berupa jalan tol baru dan jalan nasional di Pulau Jawa dan Sumatera, yang secara keseluruhan dalam kondisi mantap. 

"Jalan Tol Trans Jawa yang operasional untuk Perayaan Natal 2019 & Tahun Baru 2020 sepanjang 1.002 kilometer, termasuk Jakarta-Cikampek II Elevated 36 kilometer yang rencananya akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019," ujar Menteri Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (3/12). 

Basuki merinci, Jalan Tol Trans Jawa dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/ rest area sebanyak 85 dengan rincian 43 rest area TIP A, 24 TIP B, dan 18 TIP C.

Ditambahkan Menteri Basuki, selain ruas Jalan Tol Trans Jawa, juga akan segera dioperasikan Jalan Tol Non-Trans Jawa seperti Ruas Kunciran – Serpong sepanjang 11 kilometer, yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada minggu ke-2 Desember 2019. 

Di Lintas Utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341 kilometer dalam kondisi mantap 97 persen dan Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 kilometer dalam kondisi mantap 93 persen.

Sedangkan Lintas Selatan sepanjang 888 km mantap 98 persen dan Pantai Selatan Jawa, sudah terhubung 1.267 km dari total 1.647 km dengan kondisi mantap 83 persen,” jelasnya.

Di Pulau Sumatera, Menteri Basuki mengatakan total panjang ruas jalan tol yang siap digunakan untuk mudik sepanjang 511,5 kilometer dengan ruas yang sudah operasional sepanjang 469 km dan sisanya fungsional sepanjang 42,5 kilometer. 

"Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar-Kayu Agung 329 kilometer, Palembang – Indralaya 22 kilometer, Medan – Binjai 13 kilometer, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 kilometer dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 kilometer," jelasnya. 

"Sedangkan untuk yang masih fungsional adalah Tol Kayu Agung – Palembang – Betung Seksi 1 (Kayu Agung – Palembang exit di Jakabaring) sepanjang 33 kilometer dan Pekanbaru – Dumai Seksi 1 (Pekanbaru – Minas) sepanjang 9,5 kilometer. Adapun untuk pemanfaatan tol fungsional Trans Sumatera sepenuhnya nanti akan berada dibawah kendali Korlantas Polri."

Di Jalan Tol Trans Sumatera tersedia 31 rest area di ruas yang operasional, sementara untuk Tol fungsional disiapkan Tempat Istirahat Sementara (TIS).

Sementara jalan nasional di Sumatera, sepanjang 7.918 kilometer yang sudah siap yakni Jalan Lintas Barat 2.563 kilometer dalam kondisi Mantap 97 persen, Jalan Lintas Timur 3.017 kilometer dalam kondisi mantap 93 persen, dan Jalan Lintas Tengah 2.338 kilometer dalam kondisi mantap 94 persen. 

Di luar Pulau Jawa dan Sumatera, Menteri Basuki mengatakan telah menyiapkan Jalan Tol fungsional sepanjang 92 kilometer yakni pada ruas Balikpapan – Samarinda (Seksi 2 – 4 Samboja – Samarinda) di Kaltim sepanjang 66 km dan Manado – Bitung (Seksi 1 – 2A Airmadidi -Danowudu) di Sulut sepanjang 26 kilometer.

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X