Mas Menteri Nadiem Hapus UN Per 2021, Ini Kata Wapres Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Antara/Nova Wahyudi)
News

Mas Menteri Nadiem Hapus UN Per 2021, Ini Kata Wapres Ma'ruf Amin

Bisa saja dilakukan, asal...

Rabu, 11 Desember 2019 15:52 WIB 11 Desember 2019, 15:52 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan untuk menghapus ujian nasional (UN). Kebijakan ini mulai diterapkan pada tahun 2021.

Langkah Mendikbud ini mendapat masukan dari Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Dia mengatakan, rencana itu bisa saja dilakukan dengan syarat.

Kemendikbud diharapkan bisa menciptakan sistem pengganti yang digunakan sebagai tolok ukur akademis bagi siswa. Hal tersebut harus dikaji lebih dalam oleh Kemendikbud.

"Harus ada alat ukur yang efektif yang bisa mengukur standar daripada pendidikan di masing-masing daerah," kata Ma'ruf di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (11/12).

Menurutnya, standar kemampuan siswa di berbagai daerah tak bisa dianggap sama rata. Itu kenapa Wapres melihat sistem UN sebenarnya masih penting untuk diterapkan. 

Ma'ruf Amin juga menilai, UN penting karena menjadi media untuk mengukur standar kemampuan anak didik di berbagai tingkatan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Mendikbud Nadiem makarim mengeluarkan empat program pokok dalam kebijakan pendidikan 'Merdeka Belajar'. Kebijakan Nadiem itu mengubah UN menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter pada 2021. 

Asesmen itu terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. 

Pelaksanaan ujian tersebut dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Hasil ujian ini tidak digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US