The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menparekraf Sampaikan Cara Dapatkan Dana Hibah Pariwisata Rp3,3 Triliun, Ini katanya!
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio. (Photo/Dok. Kemenparekraf)
News

Menparekraf Sampaikan Cara Dapatkan Dana Hibah Pariwisata Rp3,3 Triliun, Ini katanya!

Selasa, 13 Oktober 2020 18:24 WIB 13 Oktober 2020, 18:24 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah akan segera menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun bagi pelaku pariwisata dan pemerintah daerah (pemda). Hal itu bertujuan untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, sekaligus untuk membantu industri bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Dalam hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa dana hibah itu akan disalurkan lewat Kementerian Keuangan dan merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Tujuan utama dari hibah pariwisata ini adalah membantu pemda serta industri hotel dan restoran yang saat ini sedang mengalami gangguan finansial serta recovery penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akibat pandemi COVID-19 dengan jangka waktu pelaksanaan hingga Desember 2020," kata Menparekraf, dilansir dari Antara, Selasa (13/10/2020).

Daerah dengan kriteria PHPR minimal 15% dari total PAD Tahun anggaran 2019, 10 Destinasi Super Prioritas (DPP), 5 Destinasi Pariwisata Prioritas (DSP), Destinasi Branding, dan 100 COE.

Di sisi lain, Menparekraf menjelaskan bahwa dana tersebut akan diberikan kepada pemda dibagi dengan imbangan 70% dialokasikan untuk bantuan langsung kepada industri hotel dan restoran. Sedangkan untuk 30%-nya dibuat untuk penanganan dampak ekonomi dan sosial dari pandemi COVID-19.

"Proses pencairan dana diajukan oleh kepala daerah kepada Kementerian Keuangan mengacu pada rekomendasi teknis yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," jelasnya.

"Sehingga para pelaku pariwisata, pengelola hotel, dan restoran dapat segera meningkatkan persiapan protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US