Usai Bertemu Dubes AS, Luhut Berharap Bisa Tingkatkan Kerja Sama Investasi

- Kamis, 22 Oktober 2020 | 22:22 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Dubes AS untuk Indonesia Sung Yong Kim. (Photo/Instagram/@luhut.pandjaitan)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Dubes AS untuk Indonesia Sung Yong Kim. (Photo/Instagram/@luhut.pandjaitan)

Setelah menerima kedatangan Duta Besar Amerika Serikat Sung Yong Kim, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap pertemuan tersebut bisa meningkatkan kerjasama strategis antara Indonesia dan AS terutama di sektor investasi infrastruktur, energi dan konektivitas.

Di sisi lain, Sung Yong Kim sendiri baru saja menyerahkan Letters of Credentials kepada Presiden Joko Widodo pada Rabu (21/10/2020) sebagai tanda penugasan dirinya di Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia menggantikan Dubes sebelumya Joseph R. Donovan Jr.

"Ada beberapa hal yang saya juga sampaikan terkait harapan peningkatan kerjasama strategis bilateral kedua negara. Terutama di sektor investasi infrastruktur, energi dan 'connectivity', mengingat perusahaan Amerika mempunyai sejarah yang panjang di Indonesia sebelum Indonesia merdeka," kata Luhut, dilansir dari akun Instagram pribadinya, Kamis (22/10/2020).

Menurutnya, Indonesia dan Amerika juga merupakan sahabat lama yang saling membantu di kala suka dan duka. Karena itu, keduanya menjadi mitra strategis yang alami karena sama-sama negara demokrasi yang menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman.

"Saya kira akan banyak hal yang bisa dikerjakan bersama dengan Amerika Serikat ke depan. Terutama bagaimana Indonesia dan Amerika Serikat bisa saling bahu membahu menghadapi dampak pandemi COVID-19 di sektor kesehatan dan perekonomian," katanya.

Ia juga mengaku telah berbincang dengan Dubes Sung Yong Kim terkait beberapa hal, termasuk perjalanan hidupnya yang merupakan warga negara AS keturunan Korea Selatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X