Luhut Sebut Indonesia Akan Optimalkan Pemanfaatan Sumber Daya 'Green Product'

- Senin, 26 Oktober 2020 | 22:10 WIB
  Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Photo/ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Photo/ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa Indonesia akan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam secara efektif guna mengantisipasi tren global terkait tingginya penggunaan produk ramah lingkungan (green product).

Menurutnya, sebagai negara yang kaya dengan bahan mineral dan sumber energi tidak terbarukan (batubara) dan terbarukan (hydropower, geothermal), Indonesia harus bisa mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam itu.

"Sebagai negara kaya dengan mineral dan sumber daya alam, Indonesia harus mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam dengan nilai tambah sebesar-besarnya," katanya, dilansir dari Antara, Senin (26/10/2020).

Dari rapat virtual itu, ia menjelaskan bahwa selama 120 tahun terakhir, tren supercycle dari komoditas seperti base metals serta minyak bumi dan batubara disebabkan oleh industrialisasi dari Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

Maka dari itu, penting untuk mendorong hilirisasi sumber daya alam mineral di Indonesia untuk memanfaatkan next supercycle yang diperkirakan akan muncul dari tren perubahan kebijakan yang mengutamakan low carbon emission energy dan green product, global economic recovery, serta proses urbanisasi dari negara-negara berkembang.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah juga akan membentuk tim terpadu lintas kementerian/lembaga untuk menyusun strategi hilirisasi sumber daya alam Indonesia serta pengembangan green product, terutama menyiapkan skema insentif dan disinsentif agar mempercepat eksekusi serta keterlibatan sektor swasta.

"Selama ini Indonesia memiliki semua bahan-bahan baku, kita yang tidak pernah memperhatikan ini, hanya gali-gali dan ekspor. Berbagai jenis base metal memiliki peran tersendiri dalam aktivitas konstruksi dan industri. Ini peluang kita untuk menggerakkan ekonomi dalam negeri," kata Luhut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X