TNI Bakal Datangkan Kapal Khusus untuk Angkut Bagian Besar Pesawat Sriwijaya

- Minggu, 10 Januari 2021 | 16:32 WIB
Denjaka temukan serpihan pesawat Sriwijaya Air. (Istimewa)
Denjaka temukan serpihan pesawat Sriwijaya Air. (Istimewa)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut pihaknya bisa mengevakuasi puing-puing kecil dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh. Untuk bagian pesawat yang besar, Hadi menyebut pihaknya bakal mengerahkan kapal khusus.

"Bagian-bagian yang kecil masih bisa kita ambil. Namun bagian besar akan kita datangkan kapal yang memiliki tri kemampuan untuk mengangkat bagian tersebut," kata Hadi dalam konferensi pers di JICT, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021).

Lebih jauh Hadi menyebut tim evakuasi dari berbagai pihak sudah mengevakuasi sejumlah barang ataupun body part dari laut ke JICT. Nantinya hasil evakuasi itu akan dipilih-pilih sebelum diberikan ke KNKT maupun RS Polri.

"Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas, SAR gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan stakeholder yang ada bersama basarnas kita telah menemukan beberapa serpihan atau potongan pesawat Sriwijaya SJ182, kita juga menemukan beberapa bagian manusia selanjutnya kita serahkan ke KNKT dan DVI," ungkap Hadi.

BACA JUGA: Jasad Korban Pesawat Sriwijaya Air Mulai Ditemukan, Dimasukkan ke Dalam 5 Kantong

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJY-182 dengan rute Jakarta-Pontianak sempat hilang kontak di Kepulauan Seribu tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta kemarin. Kabar hilang kontak pesawat itu pun disusul dengan kepastian jika pesawat itu jatuh di dekat Pulau Laki.

Total, pesawat tersebut mengangkut 62 orang diantaranya 12 kru pesawat dan 50 penumpang. 50 penumpang itu terdiri dari 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak dan tiga bayi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X