Habib Rizieq Dipanggil Polisi, Moeldoko: Saya Sudah Katakan Tidak Ada Kriminalisasi Ulama

- Selasa, 1 Desember 2020 | 17:56 WIB
Kolase foto Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan pemimpin Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab  (ANTARA)
Kolase foto Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan pemimpin Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab (ANTARA)

Mantan Panglima TNI yang kini jadi Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, buka suara mengenai polemik pemeriksaan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab oleh Kepolisian.

Seperti diketahui, Habib Rizieq dipanggil penyidik Polda Metro Jaya untuk diperiksa mengenai kerumunan massa yang terjadi beberapa hari lalu.

Namun hingga Selasa (1/12/2020) sore, Habib Rizieq urung memenuhi panggilan itu.

Menurut Moeldoko, tidak ada upaya kriminalisasi dalam rangka pemeriksaan Habib Rizieq. Dia pun meminta agar tidak ada unjuk kekuatan dari kelompok tertentu.

"Dari awal saya sudah katakan tidak ada kriminalisasi ulama. Yang dikriminalisasi adalah mereka-mereka yang memiliki kesalahan dan itu sudah melalui penyelidikan mungkin ditingkatkan ke penyidikan dan seterusnya," ujar Moeldoko dikutip dari ANTARA.

Moeldoko mmengatakan, tidak ada yang kebal hukum di Indonesia. Pihak keamanan, kata dia, tidak pandang bulu dalam menegakkan hukum 

"Saya mengimbau semuanya paham tentang itu. Jadi untuk itu kita imbau bersama, tidak perlu menggunakan kekuatan, tidak perlu mengancam dan seterusnya, karena negara juga punya kekuatan untuk menghadapi. Jadi tidak perlu itu, karena negara juga tidak ingin menghadapi situasi seperti itu," kata Moledoko.

Lebih lanjut, Moeldoko meminta pendukung Habib Rizieq agar mempercayakan proses hukum kepada pihak Kepolisian.

"Jadi saya imbau teman-teman tidak perlu turun. Serahkan saja ke aparat Kepolisian, penegak hukum, untuk menyelesaikan ini, agar clear semua. Jangan kembangkan stigma kriminalisasi ulama, karena itu sebenarnya mobilisasi emosi untuk kepentingan tertentu, kepentingan politik," pungkas Moeldoko.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X