The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Polemik Hasil Swab Covid-19, Rizieq Beberkan Kondisi Kesehatannya Usai Dicek Tim MER-C
Habib Rizieq Shihab saat disambut para pendukungnya. (ANTARA FOTO)
News

Polemik Hasil Swab Covid-19, Rizieq Beberkan Kondisi Kesehatannya Usai Dicek Tim MER-C

Senin, 30 November 2020 11:26 WIB 30 November 2020, 11:26 WIB

INDOZONE.ID - Penolakan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) terhadap tews swab yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor menimbulkan polemik.

Dalam sebuah pernyataan Habib Rizieq yang dipublikasi akun Twitter Front Pembela Islam (FPI), dia mengatakan kalau dirinya sudah sehat dan berterima kasih pada tim MER-C.

"Pulangnya juga saya atas permintaan saya, karena memang kita merasa segar sekali," ujar Rizieq dalam sebuah video yang dibagikan akun FPI seperti yang dikutip INDOZONE, Senin (30/11/2020) .

Namun Rizieq tidak memberitahukan hasil swab yang dia lakukan dengan tim MER-C, apakah terkonfirmasi postif atau negatif Covid-19. Dia hanya menyebutkan hasil pemeriksaan semuanya baik-baik saja.

"Hasil pemeriksaan semua baik. Mudah-mudahan tetap sehat walafiat. Kepada rumah sakit Ummi teruskan perjuangannya," kata Rizieq.

"Tidak lupa terima kasih khusu kepada tim MER-C. Ini tim profesional dan punya pengalaman internasional, yang luar biasa dan membina kerjasama cukup lama dengan RS Ummi di bidang kesehatan," sebutnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya sebelumnya memberikan penjelasan terkait polemik tes swab terhadap Mohammad Rizieq Syihab atau Habib Rizieq.

Rizieq mengaku sudah melakukan tes swab secara pribadi di MER-C.  

Hasil swab Rizieq sudah keluar. Namun ia merahasiakan hal itu kepada publik demi menghindari politisasi.

Bima Arya lalu meminta Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk tes swab ulang kepada Rizieq.  

Politikus PAN itu mengatakan permintaan tes swab ulang tidak ada maksud untuk mempolitisasi isu Rizieq.  

"Banyak spekulasi banyak asumsi yang berkembang terkait dengan hal ini. Saya ingin menyampaikan pada kesempatan kali ini bahwa ini sama sekali tidak terkait dengan persoalan politik atau pun berbagai macam kepentingan yang tidak terkait dengan isu kesehatan," kata Bima Arya dalam temu pers di Balai Kota Bogor, Minggu (29/11).

Ia mengatakan maksud Pemkot Bogor mendorong Rizieq tes ulang swab demi menjalankan peraturan protokol kesehatan.

Bima mengatakan hal itu juga sudah diatur dalam Undang-undang.

Bima Arya mengaku dapat kabar Habib Rizieq Shihab (HRS) yang sedang dirawat di Rumah Sakit UMMI Kota Bogor tidak bersedia menjalani tes swab.

"Saya mendapat laporan dari Tim Dinas Kesehatan yang tadi sore datang ke RS UMMI, untuk membicarakan soal tes swab kepada Habib Rizieq," kata Bima seperti dilansir Antara, Jumat (27/11/2020).

Menurut Bima, laporan dari Tim Dinas Kesehatan Kota Bogor menyebutkan keluarga Habib Rizieq Shihab tidak bersedia jika Habib Rizieq menjalani tes swab, tapi tidak ada alasannya.

BACA JUGA: Sapa Gatot Nurmantyo dan Din Syamsuddin Secara Online, Ini yang Diutarakan Rizieq Shihab

Diketahui, Habib Rizieq saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit UMMI, di Jalan Empang II, Kota Bogor.

"Kota Bogor itu wilayah tugas saya. Karena itu, saya akan mendatangi rumah sakit untuk meminta klarifikasi, mengapa menolak," kata Bima yang juga Kepala Satgas Penanangan COVID-19 Kota Bogor ini.

Menurut Bima, Pemerintah Kota Bogor menyarankan kepada Habib Rizieq untuk menjalani tes swab, yang sesuai dengan mandat UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Bima menjelaskan, tes swab itu fungsinya untuk memastikan posisi seseorang apakah negatif atau positif COVID-19.

Tujuannya, untuk keselamatan orang yang menjalani tes, yakni Habib Rizieq, serta untuk keamanan dan keselamatan semua tenaga kesehatan di rumah sakit yang merawatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US