Satu Lagi Pejabat Era Obama Masuk Kabinet Biden untuk Pimpin CIA

- Kamis, 26 November 2020 | 13:55 WIB
Presiden terpilih Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst), Tom Donilon (REUTERS/Larry Downing).
Presiden terpilih Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst), Tom Donilon (REUTERS/Larry Downing).

Setelah menunjuk beberapa nama pejabat di era kepresidenan Era Barack Obama seperti John Kerry atau Avril Haines, kini presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden sedang mempertimbangkan menunjuk satu nama lain untuk posisi bergengsi di masa kepemimpinannya. Salah satunya Tom Donilon yang dikabarkan akan menjabat direktur Badan Intelijen Pusat/CIA.

Melansir Reuters, Donilon adalah seorang diplomat veteran dan penasihat keamanan nasional pada masa Presiden Barack Obama. Pertimbangan soal penunjukan Donilon pertama kali dilaporkan oleh Politico.

Posisi CIA bisa menjadi salah satu yang paling menantang dalam pemerintahan Biden. Di masa  kepemimpinan Presiden Donald Trump, badan itu dituduh sebagai bagian dari konspirasi "Negara Bayangan" yang berusaha untuk merongrong kepresidenannya.

Baca Juga: Ucapkan Selamat ke Joe Biden, Presiden Xi Jinping Harap Hubungan AS-China Sehat dan Stabil

Biden, yang resmi akan menjabat pada 20 Januari, konon juga sedang mempertimbangkan Michael Morell, yang merupakan wakil direktur CIA dan pejabat direktur badan itu dua kali di bawah Obama.

Biden, bagian integral dari tim keamanan nasional Obama selama delapan tahun sebagai wakil presiden, akan bekerja erat dengan kedua orang itu.

Dia telah memilih veteran pemerintahan Obama lainnya untuk posisi-posisi utama keamanan nasional, termasuk Antony Blinken, mantan wakil menteri luar negeri, untuk menjadi menteri luar negeri, dan Avril Haines, wakil di CIA di bawah Obama, sebagai direktur intelijen nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X